SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMANFAATANQUIPPER SCHOOL BERBASIS BLENDED LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI MENERAPKAN CARA PERAWATAN DIFFERENTIAL DIKELAS X TKRO SMK PGRI 3 MALANG

Zahro Awalia Habibatuz

Abstrak


RINGKASAN

Zahro, A. H. 2019. Pemanfaatan Quipper School Berbasis Blended Learning terhadap Hasil Belajar pada Kompetensi Menerapkan Cara Perawatan Differential di Kelas X TKRO SMK PGRI 3 MALANG. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E., M.M., M.Pd., (II) Andika Bagus Nur Rahma Putra, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: quipper school, blended learning, hasil belajar, differential

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu pendidikan formal di Indonesia yang siswanya dipersiapkan untuk memasuki dunia industri. Hasil observasi pada SMK PGRI 3 Malang menunjukkan masalah utama, yaitu pemanfaatan fasilitas sekolah berupa tablet dan wifi yang kurang optimal dan sebagian besar siswa memiliki kecenderungan yang besar dalam bergantung pada guru di sekolah dalam belajar.

Media Quipper School menjadi salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan Quipper School berbasis blended learning dengan menggunakan slide presentasi pada kompetensi menerapkan cara perawatan differential siswa kelas X TKRO di SMK PGRI 3 MALANG.

Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimental semu dengan pre-test dan post-test. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) tahun ajaran 2018/2019. Kelas X TKRO E sejumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X TKRO E sejumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa instrumen pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), aplikasi Quipper School dan instrumen tes (pre-test dan post-test). Analisis data dilakukan dengan analisis uji Independent Sample T Test menggunakan bantuan SPSS 24.0 untuk menguji hipotesis.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa

(1) Quipper School memiliki beberapa kelebihan untuk membantu proses pembelajaran;

(2) media Quipper School yang dihasilkan berbasis bleanded learning dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa; dan

(3) pemanfaatan Quipper School lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi menerapkan cara perawatan differential di kelas X TKRO SMK PGRI 3 Malang dibandingkan dengan media slide presentasi.

Saran yang diberikan meliputi:

1) guru menggunakan Quipper School pada kompetensi lain yang memiliki karakteristik sama;

2) sekolah lebih memaksimalkan fasilitas berupa tablet dan akses internet dengan menerapkan aplikasi seperti Quipper School atau yang lainnya; dan

3) peneliti selanjutnya perlu menyiapkan koneksi internet cadangan di luar wifi sekolah untuk menghindari gangguan koneksi internet selama proses pembelajaran di kelas dan dapat menambah variabel baru untuk memperluas cangkupan penelitian yang akan dilaksanakan.