SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Mata Kuliah Matematika Dasar dan Teknologi Mekanik Terhadap Praktikum Pemesinan Mahasiswa Beda Domain di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang

Taruna Dimas Bima

Abstrak


RINGKASAN

Taruna, Dimas Bima. 2019. Hubungan Antara Mata Kuliah Matematika Dasar dan Teknologi Mekanik Terhadap Praktikum Pemesinan Mahasiswa Beda Domain di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widiyanti, M.Pd., (II) Drs. Basuki, M.Pd

Kata Kunci: Matematika Dasar, Teknologi Mekanik, Praktikum Pemesinan, mahasiswa beda domain (asal SMA dan SMK) .

Praktikum permesinan merupakan mata kuliah praktek yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa jurusan Teknik Mesin. Sebelum mengambil mata kuliah Praktikum Pemesinan, mahasiswa diwajibkan mengambil mata kuliah prasyarat yaitu Matematika Dasar atau Matematika Teknik 1 dan Teknologi Mekanik. Pada Jurusan Teknik Mesin tidak semua mahasiswa berasal dari SMK, ada juga yang berasal dari SMA. Perbedaan asal sekolah tersebut disebut dengan mahasiswa beda domain. Mahasiswa yang berasal dari SMK sudah pernah melakukan praktikumpraktikum yang ada di Jurusan Teknik Mesin. Berbeda dengan SMK, kurikulum SMA tidak terdapat mapel bernuansa praktik kejuruan.

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara mata kuliah Matematika Dasar dan Teknologi Mekanik untuk mahasiswa asal SMA terhadap Praktikum Pemesinan mahasiswa Universitas Negeri Malang, serta mengetahui hubungan antara mata kuliah Matematika Dasar dan Teknologi Mekanik untuk mahasiswa asal SMK terhadap Praktikum Permesinan mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan yaitu Teknik analisis deskriptif, uji prasyarat analisis yakni uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis (uji F), uji korelasi pearson, dan uji ANAKOVA.

Hasil penelitian menyatakan bahwa mata kuliah Matematika Dasar dan Teknologi Mekanik yang telah diambil sebagai mata kuliah prasyarat memiliki hubungan secara simultan terhadap Praktikum Pemesinan bagi mahasiswa asal SMA dan SMK dengan tingkat korelasi “kuat” dan “cukup”. Selain itu, mata kuliah Matematika Dasar dan Teknologi Mekanik, kovarian (asal sekolah atau beda domain) juga memiliki hubungan linier terhadap Praktikum Pemesinan.