SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Kelistrikan Body Avanza Untuk Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen

Handoko Harsono Ryo

Abstrak


ABSTRAK

Handoko, Harsono Ryo. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Kelistrikan Body Avanza Untuk Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Imam Muda Nauri, S.T., M.T. (II) Drs. H. Paryono, S.T., M.T.

Kata kunci: modul, peer mediated instruction and intervention (PMII), 4D, kelistrikan body standart avanza.

Media pembelajaran merupakan alat bantu bagi guru untuk melakukan proses belajar mengajar. Modul merupakan salah satu bahan ajar yang baik digunakan untuk pembelajaran di SMK. Meskipun modul adalah salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, tetapi modul untuk materi ini belum tersedia dan digunakan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Oleh karena itu perlu untuk membuat dan mengembangan modul yang baik dan efektif hkususnya pada materi kelistrikan body standart melalui penelitian pengembangan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa modul kelistrikan body avanza yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Pengembangan modul bercirikan pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII),  pada modul kelistrikan body avanza ini menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Namun untuk tahap disseminate (penyebaran) tidak dilaksanakan.

Validasi dari modul ini dilakukan oleh ahli yaitu ahli media dan ahli materi, sedangkan kepraktisan dan keefektifan modul melalui uji coba produk. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar observasi, tes penguasaan materi dan angket. Subjek uji coba modul pengembangan ini adalah 70 siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Uji coba yang dilakukan terhadap modul ini terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan (kelas).

 

Hasil dari validasi ahli sebesar 90,74% di nyatakan valid, hasil dari uji coba lapangan observasi modul sebesar 87,50% di nyatakan layak pakai, hasil uji coba lapangan yang dilakukan sebesar 88,5% siswa kelas XI TKR telah menguasai materi kelistrikan Body Avanza. Dari hasil angket, sebanyak 93,73% siswa kelas XI TKR memberikan respon yang positif terhadap penggunaan modul dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, modul kelistrikan body avanza dinyatakan layak untuk dipakai.