SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Teaching Factory dalam Meningkatkan Jiwa Wirausaha dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Produktif pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 10 Malang

CAHYONO AHMAD HADI

Abstrak


RINGKASAN

Cahyono, Ahmad Hadi. 2019. Pelaksanaan Teaching Factory dalam Meningkatkan Jiwa Wirausaha dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Produktif pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 10 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Widiyanti, M.Pd., (2) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E, M.M, M.Pd..

Kata Kunci: Teaching Factory, Jiwa Wirausaha, Hasil Belajar, SMK

Sumber daya alam dan sumber daya manusia sangat penting dalam memberikan pengaruh pada keberhasilan pembangunan nasional. Sumber daya manusia menjadi pilar utama pada pembangunan nasional Indonesia. Salah satu jalan yang dapat ditempuh dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkompeten adalah melalui pendidikan Sekolah Menengah kejuruan (SMK). Di sisi lain pada tahun 2018 SMK menyumbang angka pengangguran tertinggi, yaitu sebesar 9,27% dari total jumlah penduduk di Indonesia. Hal ini disebabkan karena banyaknya lulusan SMK tidak sebanding dengan jumlah kebutuhan pekerjaan yang ada setiap tahunnya. Guna mengatasi hal ini, wirausaha menjadi salah satu solusi yang realistis. Hal ini menjadi alas an fundamental bagi pemerintah dalam menerapkan program teaching factory di SMK.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 10 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Tahun Ajaran 2018/2019 dengan jumlah 323 orang. Penentuan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah 108 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner/angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan:

(1) Hasil pengujian variabel pelaksanaan teashing factory dengan peningkatan jiwa wirausaha diketahui nilai Sig. sebesar 0,046 < 0,05; dan

(2) Hasil pengujian variabel teaching factory dengan hasil belajar siswa mata pelajaran produktif diketahui nilai Sig. sebesar 0,036 < 0,05. Kesimpulan:

(1) Terdapat hubungan yang signifikan pada variabel pelaksanaan teashing factory dan peningkatan jiwa wirausaha pada program keahlian Teknik Kendaraan Ringan, dan

(2) Terdapat hubungan yang signifikan pada variabel teaching factory dan hasil belajar siswa mata pelajaran produktif pada program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N 10 Malang.

 

SUMMARY

Cahyono, Ahmad Hadi. 2019.The Implementation Teaching Factory to Production Course Entrepreneurship and Learning Outcomes Student at Lightweight Vehicle Engineering program in State Vocational High School 10 Malang. Undergraduate Thesis. Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, University of Malang. Supervisor: (1) Dr. Widiyanti, M.Pd., (2) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E, MM, M Pd..

Keywords: Teaching Factory, Entrepreneurship, Learning Outcomes, SMK

Natural and human resources are very important in giving the influence on the success of national development. Human resources become the main pillar of national development in Indonesia. The human competency can be prepare in the vocational education (SMK). The actually in the 2018 SMK contributed the highest unemployment figures, total 9.27% of population in Indonesia. Because the graduates of the SMK unbalanced the jobs need and of existing job. The entrepreneur became one of realistic solutions. This has been the fundamental reason for the Government in implementing the program of teaching factory in SMK.

This research is the kind of quantatif research. This research was conducted at SMK Negeri 10 Malang. Total Population in this research is 323 people, they are students at Light Vehicle Engineering program in the 2018/2019, and sample in this research is 108 student. Sampling technique in this study using a Purposive Sampling. Data collection techniques used are questionaire/question form and documentation.

Research results showed:

(1) the results of the test execution variables teashing factory with increased entrepreneurial soul known value of 0.046. Gis < 0.05; and

(2) the test results with the results of the factory variable teaching students can study a productive subjects known value Sig. amounted to 0.036 < 0.05. Conclusion:

(1) there is a significant relationship on variable implementation teashing factory and increased entrepreneurial souls on Light Vehicle Engineering program, and

(2) there is a significant relationship on teaching variable factory and results students can study subjects productive on Light Vehicle Engineering program SMK N 10 Malang.