SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Racing Valve Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Honda Beat 108cc

Bhakti Elektrikkyan Putra

Abstrak


ABSTRAK

Bhakti, Elektrikkyan Putra. 2019. Pengaruh Racing Valve Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Honda Beat 108cc. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Paryono, S.T, M.T., (II) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E, M.Pd, MM.

Kata Kunci: Honda Beat, Racing Valve, Emisi Gas Buang, Daya.

Peningkatan pengguna kendaraan bermotor terus meningkat setiap tahunnya, khususnya pada sepeda motor. Keadaan tersebut tentunya akan mengakibatkan peningkatan polusi udara yang disebabkan oleh gas buang kendaraan bermotor yang pembakarannya kurang sempurna akibat sifat bahan bakar yang kurang homogen. karena dengan adanya pembakaran yang tidak sempurna yang disebabkan oleh campuran bahan bakar yang terlalu kaya.

Dengan adanya permasalahan yang diinginkan masyarakat yang menggunakan mesin dengan kapasitas kecil dengan menghasilkan daya yang tinggi namundengan kapasitas mesinyang kecil ada konsekuensi emisi gas buang yang semakin meningkat, jdi peneliti ingin membuat penelitian tentang peningkatan daya dan emisi gas buang dengan cara menggunakan racing valve.

Tujuan dari perubahan pengguanan racing valve yang berukuran 27 (katup in) dan 23 (katup ex) untuk mengetahui perbedaan antara standart valve dengan racing valve terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Beat 108cc. Penelitian uji daya menggunakan alat dynotes yang dilakukan di bengkel AHAS ASIA, sedangkan untuk pengujian data emisi gas buang menggunakan gas analizer yang dilakukan di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini termasuk penelitian metode true eksperiment. Dan analisis data dengan (Uji T) dengan menggunakan SPSS 20 for Windiws

Hasil penelitian ini menemukan suatu perbedaan yang signifikan dengan menggunakan standart valve dan racing valve terhadap daya dan emisi gas buang, yang diperoleh dari daya motor sebesar 0,98 HP pada putaran 4000 rpm dan pada putaran 8000, daya yang dihasilkan sebesar 9,38 HP. Peningkatan daya yang signifikan terjadi pada putaran mesin 4500 rpm sampai dengan 8000 rpm. Untuk peniingkatan daya terbesar terjadi pada putaran 8000 rpm sebesar 9,38 HP. Sedangkan emisi gas buang CO sebesar 0,13 % pada putaran 2500 rpm dan pada putaran 8000, CO yang dihasilkan sebesar 2,38 %. Peningkatan emisi gas buang CO yang signifikan terjadi pada putaran mesin 5500 rpm sampai dengan 8000 rpm. Untuk peniingkatan CO terbesar terjadi pada putaran 8000 rpm sebesar 2,38 %. Dan untuk emisi gas buang HC sebesar 121 ppm pada putaran 2500 rpm dan pada putaran 8000, HC yang dihasilkan sebesar 239 ppm. Peningkatan emisi gas buang HC yang signifikan terjadi pada putaran mesin 3500 rpm sampai dengan 8000 rpm. Untuk peniingkatan HC terbesar terjadi pada putaran 8000 rpm sebesar 2,39 ppm.

Dengan demikian ini disarankan perlu adanya penelitian dan pengembanga lebih lanjut mengenai pengaruh racing valve dan tekanan kompresi terhadap daya dan konsumsi ba