SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMASANGAN FEMAX DENGAN VARIASI PUTARAN MESIN TERHADAP DAYA MESIN DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR BEAT FI

Buana Ignatius Indra

Abstrak


ABSTRAK

Buana, Ignatius Indra. 2019. Pengaruh Pemasangan Femax Dengan Variasi Putaran Mesin Terhadap Daya Mesin Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Beat Fi. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Marji, M.Kes., (II) Drs. Sumarli, M.Pd, M.T

Kata Kunci: Femax, Ionisasi, Daya Mesin, Emisi.

Peningkatan pengguna kendaraan bermotor terus meningkat setiap tahunnya, khususnya pada sepeda motor. Keadaan tersebut tentunya akan mengakibatkan peningkatan polusi udara yang disebabkan oleh gas buang kendaraan bermotor yang pembakarannya kurang sempurna akibat sifat bahan bakar yang kurang homogen. Melihat permasalahan tersebut peneliti ingin membuat penelitian tentang penyempurnaan pembakaran dengan cara memasang alat ionisasi bermerk femax pada aliran bahan bakar pada sepeda motor dengan teknologi fuel injection.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan daya mesin dan emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor Honda Beat Fi antara yang menggunakan femax dengan yang tidak menggunakan femax. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Pada rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan teknik analisis data Paired sample t-test. Subjek dalam penelitian ini yaitu sepeda motor Beat Fi.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan adalah sebagai berikut:

1) Rerata daya mesin Beat Fi meningkat sebesar 4,32 % pada putaran mesin 4500 - 9000 rpm setelah menggunakan femax.

2) Rerata Kadar CO pada emisi gas buang menurun sebesar 40,65 % setelah menggunakan femax pada putaran mesin 2500 - 9000 rpm.

3) Rerata kadar HC pada emisi gas buang menurun sebesar 31,66 % setelah menggunakan femax pada putaran mesin 2500 - 4500 rpm.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dan telah dilakukan analisis data, maka dapat diambil kesimpulan yaitu terdapat perbedaan daya mesin dan emisi gas buang CO dan HC yang signifikan pada sepeda motor Honda Beat Fi antara yang menggunakan femax dengan yang tidak menggunakan femax. Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah variasi tekanan bahan bakar, variasi pemanas temperature bahan bakar, ataupun variasi tekanan kompresi dengan menggunakan jenis bahan bakar pertamax atau pertamax plus agar dapat diketahui manfaat ionisasi bahan bakar secara lebih menyeluruh.