SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesesuaian Antara Kompetensi Bidang Produktif di Sekolah dengan Kompetensi Industri untuk Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKN 10 Malang

Madyah Arum Sekar Pertiwi

Abstrak


Abstrak

Dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan masih banyak permasalahan yang terjadi salah satunya adalah  keterbatasan waktu yang dimiliki sekolah untuk mengajarkan materi sebagai persiapan sebelum Praktik Kerja Lapangan (PKL). Sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pekerjaan yang dilakukan di industri untuk masukan kepada sekolah sehingga sebelum siswa melaksanakan PKL siswa telah mengetahui materi tersebut dan di industri tinggal menerapkan dan memantapkan materi yang diajarkan di sekolah untuk selanjutnya sebagai gambaran ketika siswa telah lulus dan siap memasuki dunia kerja. Serta untuk mengetahui kesesuaian materi yang diajarkan di sekolah sebelum siswa melaksanakan PKL serta kompetensi yang dilakukan di industri.Setelah dilakukan peneliian di SMKN 10 Malang serta 3 bengkel industri yaitu bengkel toyota Kartika sari, Mitsubishi, seta Suzuki UMC didapatkan hasil sebagai berikut:

(1) Terdapat 55 kompetensi yang dilakukan di industri mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) dan 3 kompetensi mempunyai presentase rendah karena merupakan Order Pekerjaan Luar (OPL) atau dilakukan oleh vendor yang bekerjasama

(2) Terdapat 96 kompetensi di sekolah yang sesuai dengan 50 kompetensi yang dilakukan di bengkel servis. Selain itu terdapat pula 4 kompetensi yang dilakukan di bengkel servis tetapi tidak tercantum dalam kurikulum 2013 revisi.

Kata Kunci: Kesesuaian, Praktik Kerja Lapangan, Kompetensi di Sekolah, Kompetensi di Industri