SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Penggunaan Standard Camshaft Dan RacingCamshaft Terhadap Daya Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Engine OHC 110 cc Karburator

SANTOSO DIDIK LEO

Abstrak


RINGKASAN

Santoso, Didik Leo. 2019. Perbedaan Penggunaan Standard Camshaft Dan RacingCamshaft Terhadap Daya Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Engine OHC 110 cc Karburator. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Paryono, S.T, M.T. (II) Erwin Komara Mindarta. S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: standard camshaft, camshaft racing, daya, konsumsi bahan bakar

Kurang maksimalnya daya yang dihasilkan sepeda motor keluaran pabrik menjadi alasan konsumen untuk memodifikasi sepeda motor. Sebanyak 50 konsumen yang ditanya 68% lebih memilih Yamaha dibandingkan Honda. Tujuan penelitian ini yang pertama untuk mengetahui perbedaan penggunaan standard camshaft dan camshaft racing terhadap daya pada engine OHC 110 cc karburator, yang keduan untuk mengetahui perbedaan penggunaan standard camshaft dan camshaft racing terhadap konsumsi bahan bakar pada engine OHC 110 cc karburator. Daya merupakan energi yang dihasilkan mesin persatuan waktu mesin. Konsumsi bahan bakar merupakan banyaknya bahan bakar yang dihabiskan selama proses pembakaran berlangsung.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian perbandingan kelompok statis. Subyek dalam penelitian ini yaitu engine OHC 110 cc dan obyek dalam penelitian ini adalah standard camshaft dan camshaft racing. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan instumen dokumentasi dan tes. Dalam penelitian ini menggunakan analisis uji independent sample t tes.

 

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh pertama perbedaan penggunaan standard camshaft dan camshaft racing terhadap daya dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05, yang kedua perbedaan penggunaan standard camshaft dan  camshaft racing terhadap konsumsi bahan bakar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulakn bahwa pertama terdapat perbedaan daya pada engine tipe OHC 110 cc karburator yang menggunakan standard camshaft dan  camshaft racing, yang kedua terdapat perbedaan konsumsi bahan bakar pada engine tipe OHC 110 cc karburator yang menggunakan standard camshaft dan camshaft racing.