SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Teknologi Motor Diesel Berbasis Kontekstual untuk Mahasiswa Program Studi S-1 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang

Saputra Fito Dwi

Abstrak


RINGKASAN

Saputra, Fito Dwi. 2019. Pengembangan Buku Ajar Teknologi Motor Diesel Berbasis Kontekstual untuk Mahasiswa Program Studi S-1 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd., (2) Dr. H. Amat Nyoto, M.Pd..

Kata Kunci: Buku Ajar Kontekstual, Teknologi Motor Diesel

Pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efesien apa bila tersedia sumber belajar, salah satunya yaitu adanya sumber belajar yang berbentuk bahan ajar. Untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi S-1 PTO FT UM dalam pembelajaran mata kuliah teknologi motor diesel perlu disediakan bahan ajar perkuliahan yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yang mudah dibaca, mudah dipahami, serta dilengkapi dengan gambar yang baik dan menarik. Dilihat dari pentingnya ketersediaan sumber belajar dalam pembelajaran, maka dapat diberikan solusi dengan melakukan pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual (Contextual Teaching-Learning). Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berbasis kontekstual dan sekaligus untuk mengetahui kualitas bahan ajar dilihat berdasarkan aspek kevalidan, kelayakan serta keefektifan.

Model yang digunakan dalam pengembangan ini ada enam langkah, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba pemakaian. Uji coba pemakaian melibatkan mahasiswa Off B3 Prodi S-1 PTO FT UM.

Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil validasi aspek kelayakan isi memperoleh persentase sebesar 76,9%, aspek kelayakan penyajian memperoleh persentase sebesar 81,7%, aspek kelayakan kegrafikan memperoleh persentase sebesar 95,1%, dan aspek kelayakan bahasa memperoleh persentase sebesar 75%. dan keseluruhan aspek memperoleh rata-rata skor validasi sebesar 82,2%. Berdasarkan persentase yang diperoleh, bahan ajar memenuhi kriteria layak dapat dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.Hasil uji pemakaian indikator pertama 64% mahasiswa Off B2 dan 92% mahasiswa Off B3 menunjukkan tingkat kesenangan, antusias, dan bersemangat dalammembaca atau menyimak materi. Pada indikator kedua 58% mahasiswa Off B2 dan 87% mahasiswa Off B3 menunjukkan tingkat kepedulian dan merespon terhadap belajar teknologi motor diesel. Pada indikator ketiga 58% mahasiswa Off B2 dan 85% mahasiswa Off B3 menunjukkan tingkat keoptimisan dan keyakinan terhadap manfaat membaca atau menyimak materi. Pada indikator keempat 47% mahasiswa Off B2 dan 82% mahasiswa Off B3 menunjukkan tingkat keserius, keaktifan, dan keterlibatan dalam belajar teknologi motor diesel.Pada indikator kelima 58% mahasiswa Off B2 dan 85% mahasiswa Off B3 menunjukkan tingkat kemauan dan spontan. Berdasarkan respon mahasiswa bahwa produk bahan ajar ini disukai oleh sebagian besar mahasiswa. Sedangkan hasil post test menunjukkan nilai taraf signifikan sebesar 0,002