SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

studi kelengkapan sarana dan prasarana bengkel teknik kendaraan ringan smk pgri singosari sesuai dengan permendiknas

Al Faqih Aan Lathif

Abstrak


ABSTRAK

Al Faqih, Aan Lathif . 2019. Studi Kelengkapan Sarana dan Prasarana Bengkel Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI Singosari sesuai dengan Permendiknas. Skripsi. Jurusan Teknik MesinFakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Partono, M.Pd. (2) Drs. Paryono, S.T., M.T.

Kata Kunci:Kelengkapan, Bengkel, TKR, Permendiknas, Sarana, Prasarana.

Pendidikan memegang peran penting dalam kelangsungan suatu negara dikarenakan sebagai bentuk wadah untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM). Kualitas SDM dapat ditingkatkan melalui lingkungan sekolah, baik kualitas guru, murid, proses pembelajaran, lingkungan maupun sarana dan prasarana. Kecenderungan ini berawal dari kesadaran bahwa diperlukan suatu acuan dasar atau rujuk mutu (bench-mark) bagi setiap penyelenggara dan satuan pendidikan. Acuan tersebut meliputi kriteria minimal berbagai aspek yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan di wilayah hukum NKRI dan kemudian dikenal sebagai Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Pada penelitian ini, akan membahas mengenai keberadaan sarana dan prasarana sekolah. Hal ini dikarenakan asumsi peneliti yaitu pentingnya sarana dan prasana pada Sekolah Menengah Kejuruan. Serta untuk mengetahui keberadaan, kelayakan dan kesesuaian dari sarana dan prasarana bengkel Teknik Kendaraan Ringan di SMK PGRI Singosari sesuai dengan Permendiknas.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang akan mengeksplorasi hal-hal yang berhubungan dengan keberadaan sarana prasarana bengkel teknik kendaraan ringan SMK PGRI Singosari yang nantinya akan disimpulkan dalam bentuk presentase.

Hasil penelitian menunjukkan keberadaan memperoleh presentase sebesar 76,97%, kelayakan memperoleh presentase sebesar 76,97%, dan kesesuaian memperoleh presentasesebesar 70,15%. Maka peneliti menyimpulkan perolehan rata-rata diatas 74.69% sehingga dari segi sarana dan prasarana SMK PGRI Singosari dalam kategori lengkap dan layak.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan

(1) Beberapa aspek sarana dan prasarana di bengkel teknik kendaraan ringan SMK PGRI Singosari perlu adanya perbaikan, baik dalam segi jumlah maupun tingkat kelayakan.

(2) Perlunya pembelajaran perawatan terhadap sarana dan prasarana di bengkel teknik kendaraan ringan SMK PGRI Singosari kepada siswa sehingga kualitassarana dan prasarana dapat terjaga dengan baik.

 

(3) Perlunya pengawasan yang signifikan oleh guru dan teknisi terhadap penggunaan sarana dan prasarana pada saat praktikum sehingga sarana dan prasarana dapat terjaga kondisi dan kualitasnya.