SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Pengalaman Prakerin dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Brantas Karangkates.

Safitri Feby Salma Ayu

Abstrak


ABSTRAK

Safitri, Feby Salma Ayu. 2019. Hubungan Antara Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Pengalaman Prakerin dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Brantas Karangkates. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd., (II) Drs. Partono, M.Pd.

Kata Kunci: Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Pengalaman Prakerin, Kesiapan Kerja

Penelitian ini dilakukan agar mengetahui hubungan antara motivasi memasuki dunia kerja dan pengalaman prakerin dengan kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Brantas Karangkates. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Pada rancangan penelitian menggunakan metode deskriptif korelasional. Yang djadikan subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Brantas Karangkates sejumlah 63 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket/kuisioner dan dokumentasi.

Dari hasil analisis yang telah dilakukan adalah sebagai berikut:

1) Motivasi memasuki dunia kerja berhubungan dengan kesiapan kerja, hasil analisisnya yaitu uji korelasi sederhana didapatkan nilai koefisien korelasi (r1y) sejumlah 0,507 dengan nilai signifikansi 0,003 yang artinya nilai signifikansi berada dibawah 0,05 ( 0,003 < 0,05 ) jadi  hubungan antara motivasi memasuki dunia kerja (X1) dan kesiapan kerja (Y) dinyatakan positif dan signifikan.

2) Pengalaman prakerin berhubungan dengan kesiapan kerja, hasil analisinya yaitu uji korelasi sederhana didapatkan nilai koefisien korelasi (r1y) sejumlah 0,567 dengan nilai signifikansi 0,001 yang artinya nilai signifikansi berada dibawah 0,05 jadi  hubungan pengalaman prakerin (X2) dan kesiapan kerja (Y) tersebut dinyatakan positif dan signifikan.

3) Pada variabel motivasi memasuki dunia kerja dan pengalaman prakerin dengan kesiapan kerja terdapat hubungan positif dan signifikan. Uji korelasi ganda menghasilkan nilai koefisien korelasi (R12y) sebesar 0,670 dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 dan nilai tersebut lecih kecil dari 0,05.

 

Dari paparan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi memasuki dunia kerja dan pengalaman prakerin dengan kesiapan kerja. Jadi, untuk kedepannya guru lebih sering memberi motivasi agar lebih memiliki kesiapan untuk terjun di dunia kerja.