SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan daya dan emisi gas buang CO dan HC yang dihasilkan antara injektor standart dan racing pada motor Honda Beat PGMFI 110 cc

Wibowo Andre Ari

Abstrak


Wibowo, Andre Ari. 2019. Perbedaan Daya dan Emisi Gas Buang CO dan HC Yang Dihasilkan Antara Injektor Standart dan Racing Pada Motor Honda Beat PGMFI 110 cc. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Partono M.Pd., (II) Windra Irdianto S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Injektor Standart, Injektor Racing, Daya, Emisi Gas Buang CO dan HC.

Seiring dengan berjalanya waktu, dunia otomotif mengalami perkembangan yang begitu cepat, hal ini terdapat pada perkembangan kendaraan bermotor dari sistem konvensional menjadi sistem injeksi. Komponen sistem injeksi yang berperan dalam pemasukan bahan bakar kedalam ruang bakar adalah injektor. Injektor dalam proses pembakaran menjadi bagian mesin yang berhubungan langsung dengan proses pembakaran, sehingga dengan pemilihan injektor racing dapat meningkatkan kualitas pembakaran dan dapat meningkatkan daya dan penurunan emisi gas buang CO dan HC. Akan tetapi, kondisi dimasyarakat ditemukan banyak permintaan masyarakat yang ingin meningkatkan daya dengan penggantian injektor dengan kapasitas lebih besar, tetapi tanpa melakukan bore up pada mesin dan juga penggantian ECM, karena dengan pembelian injektor lebih murah dan tidak semahal dengan penggantian ECM dan perangkat lainya, namun secara teoritis penggantian injektor dengan kapasitas lebih besar tidak sesuai dengan stoikiometri pembakaran, dimana daya terbesar didapat pada campuran 12: 1 dan apabila stoikiometri pembakaran tidak tercapai, maka akan menimbulkan emisi gas buang diantaranya CO dan HC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan daya dan emisi gas buang CO dan HC antara penggunaan injektor standart 6H-80 cc dan injektor racing 3H-150 cc pada motor Honda Beat PGMFI 110 cc.

Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen atau eksperimen semu. Analisis data hasil penelitian yaitu dengan menggunakan uji beda paired sample t test dengan menggunakan software IBM spss statistics 20 for wondows. Pengambilan data daya yaitu mulai rpm 5000-8000 dengan kenaikan 1000 rpm, sedangkan pengambilan data emisi gas buang CO Dan HC mulai dari rpm 1500-8000 dengan kenaikan 1000 rpm.

Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara penggunaan injektor standart 6H-80 cc dengan injektor racing 3H-150 cc, dimana hasil daya menunjukan daya injektor standart 6H-80 cc lebih besar dari injektor racing 3H-150 cc, emisi gas buang CO dan HC lebih rendah injektor standart. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan injektor dapat digunakan pada sepeda motor, tetapi harus disesuaikan dengan kondisi mesin sehingga tepat dalam penggunaanya dan dapat meningkatkan daya dan rendah emisi gas buang CO dan HC, selain itu penggantian injektor perlu diimbangi dengan penggantian ECM.