SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Platform Appypie Pada Mata Kuliah Sistem Pemindah Tenaga

Setyawan Nana Aris

Abstrak


ABSTRAK

Setyawan, Nana Aris. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android  Platform Appypie Pada Mata Kuliah Sistem Pemindah Tenaga. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ir Eko Edi Poerwanto. S.E, M.Pd., M.M. (II) Windra Irdianto ,S.Pd., M.Pd

Kata kunci: aplikasi appypie, android, sistem pemindah tenaga

Pemanfaatan media pembelajaran khususnya berbasis android dalam  proses belajar pembelajaran sangatlah penting, karena dengan penggunaan media pembelajaran akan mampu merangsang pikiran, kerterampilan dan perasaan siswa. Hal ini bisa menjadi solusi terhadap kurangnya motivasi belajar mahasiswa di jurusan teknik mesin, program studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang,  khususnya materi sistem pemindah tenaga. Karena dalam materi sistem pemindah tenaga terdapat banyak  nama-nama komponen atau bagian yang harus dipahami. Untuk itu dibutlah media belajar mandiri menggunakan platform aplikasi appypie berbasis android pada materi sistem pemindah tenaga

Appypie adalah salah satu online builder yang tersedia di internet. Appypie ini dapat mendukung proses pembuatan aplikasi berbasis Android, Mac OS, Windows Phone, Blackberry, dan HTML. Online app builder adalah sebuah website yang dapat digunakan untuk memproses pembuatan aplikasi. Dengan menggunakan online builder proses pengembangan aplikasi akan menjadi lebih mudah karena, sebagian besar proses pembuatan aplikasi melalui online app builder hanya proses drag dan drop.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model dari ADDIE yaitu:

(1) analysis,

(2) design,

(3) development,

(4) implementation, dan

(5) evaluation. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket yang diberikan ke pada ahli media, ahli materi, uji coba kelompok kecil berupa hasil tanggapan media pembelajaran terhadap delapan siswa dan uji coba lapangan berupa nilai evaluasi siswa. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif untuk menilai kevalidan produk media yang dihasilkan dan data kualitatif yaitu hasil saran dan tanggapan dari para validator secara lisan oleh pengembang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media memperoleh prosentase 85,4% yang termasuk kriteria valid, data dari ahli materi memperoleh prosentase 87,5% yang termasuk kriteria valid, hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan media pembelajaran berbasis Android memiliki kualitas sangat baik (85,9%) dan uji coba lapangan nilai terendah yang didapat siswa adalah 75. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan pada penelitian pengembangan ini dinyatakan valid  dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Akan tetapi Media pembelajaran berbasis android ini memerlukan pengembangan berkesinambungan. Pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini baru sampai pada tahap development. Hal ini terjadi karena terbatasnya kondisi dan waktu. Oleh karena itu, yang perlu dilakukan oleh peneliti selanjutnya adalah implementation dan evaluation terhadap media pembelajaran berbasis android tersebut.

 

ABSTRACT

Setyawan, Nana Aris. 2019. The Development of Learning Media  Base on Android Platform Appypie on Powertrain Systems Coueses. Undergraduate Thesis. Education Automotive Engineering, Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, University of Malang. Supervisors: (I) Drs. Ir Eko Edi Poerwanto. S.E, M.Pd., M.M. (II) Windra Irdianto ,S.Pd., M.Pd

Keywords: Appypie , Android, Powertrain System

Utilization of Android-based learning media especially in a learning process of learning is very important, because with the use of instructional media will be able to stimulate the mind, skill, and feelings of students. This research aims to produce Android-based learning media for students of Automotive Engineering Education, Machinery Department, Engineering Faculty, Universitas Negeri Malang, especially the material for powertrain systems. Because in the material of the power transfer system there are many names of components or parts that must be understood. For this reason, the independent learning media is using the Android-based appypie application platform on the material powertrain system.

Appypie is one of the online builders available on the internet. This Appypie can support the process of creating applications based on Android, Mac OS, Windows Phone, Blackberry, and HTML. Online application builder is a website that can be used to process application creation. By using an online builder the application development process will become easier because, most of the process of making applications through online application builder is only a drag and drop process.

The development model on this research use a model of ADDIE, namely:

(1) Analysis,

(2) Design,

(3) Development,

(4) Implementation, and

(5) Evaluation. Data collecting instrument of the research is a questionnaire that given to the media expert, material experts, a trial test of the small group showed learning media response against eight students and field try test use score from evaluation. The type of data obtained of quantitative data was to assess the validity of media products. In addition, that data quantitative show the result of suggestions from the respondent.

The results showed that the Android-based learning media has been developed based on an assessment of media experts gain percentage 85,4% valid criteria, which included data from material experts acquire a percentage 87.5% of the valid criteria, trial test results of small group showed that Android-based learning media has excellent quality (85,9%) and field try test got minimum score 75. However, based on the results of the data acquisition, it is known that the learning media in this research was valid and fit for use in learning.

 

However, this Android-based learning media requires continuous development. The development carried out in this research only arrived at the development stage. This happens because of limited conditions and time. Therefore, what needs to be done by the next researcher is the implementation and evaluation of the Android-based learning media.