SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN PENGGUNAAN VARIABEL RESISTOR 5K SEBAGAI PENGGANTI TPS TERHADAP PERUBAHAN RPM DAN EMISI GAS BUANG HC PADA HONDA VARIO 125 PGM-FI

Setiawan Yoki

Abstrak


RINGKASAN

Setiawan, Yoki. 2019. Perbedaan Penggunaan Variabel Resistor 5k Sebagai Pengganti Tps Terhadap Perubahan Rpm Dan Emisi Gas Buang Hc Pada Honda Vario 125 PGM-FI. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Muda Nauri , S.T.,M.T., (II) Fuad Indra Kusuma, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci : TPS, Variabel Resistor5K, Emisi Gas Buang.

Sepeda motor menjadi alat transportasi yang efektif dan paling diminati oleh masyarakat hal ini terlihat dari penambahan jumlah kendaraan sepeda motor dari 2002 hingga 2010 mencapai 10,8%. Untuk meningkatkan efisiensi dari kendaraan tersebut. Engine banyak mengalami perkembangan salah satunya adalah perkembangan teknologi injeksi. Dimana pemasukan bahan bakar sudah dikontrol secara elektronik dengan memanfaatkan signal dari sensor salah satunya adalah TPS. Seiring dengan perkembangan teknologi tersebut seharusnya menjadi peluang usaha yang besar namun ternyata sesuai dengan data yang diberikan oleh badan statistik No. 42/05/Th. XXI, 07 Mei 2018 tingkat pengangguran mencapai angaka 30,34% hal ini dihitung mulai tamatan SMP hingga lulusan perguruan tinggi, hal ini diakibatkan minimnya pengetahuan untuk menyongsong perkembangan teknologi salah satunya mengenai sensor, hal inilah yang mengakibatkan tidak banyaknya Home Industri yang memproduksi sensor ini, oleh karena itulah perlunya dilakukan penelitian penggunaan variabel resistor 5K sebagai pengganti TPS untuk menambah literasi yang ada. Penelitian ini juga memperhatikan emisi gas buang HC sebagai dampak dari campuran bahan bakar dan udara yang tidak sesuai dan juga RPM yang berkaitan langsung dengan daya dan torsi engine. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara TPS dengan variabel resistor 5K dan TPS standar terhadap emisi gas buang HC dan RPM pada Honda Vario 125 PGM-FI.

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental atau eksperimen semu dimana untuk analisi data menggunakan independent sampel t-Test dengan uji persyaratan normalitas dan Homogenitas untuk perhitungan statistik menggunakan aplikasi SPSS. Pengambilan data dilakukan pada bukaan katub gas 0%-80% hal ini sesuai dengan pembacaan map bahan bakar yang terbaca setiap kelipatan 10% yang tertera pada aplikasi ECU Daytona Pro V.1.08 dengan kelipatan kenaikan 10% dan setiap kelipatan dilakukan pengujian sebanyak 3 kali.

Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan diantara penggunaan TPS original dan TPS dengan variabel resistor 5K dimana RPM pada engine yang menggunakan variabel resistor 5K lebih rendah jika dibandingkan dengan engine yang menggunkan TPS original dan emisi gas buang HC pada engine yang mengunakan variabel resistor 5K masih menimbulkan emisi gas buang HC yang cukup tinggi, sehingga variabel resistor 5K dapat dijadikan sebagai pengganti TPS original namun masih perlu diperhatikan lagi dalam pemilihan variabel resistor dan perlu perbaikan dari design agar lebih maksimal kerjanya.

 

SUMMARY

Setiawan, Yoki. 2019. Variable use of the 5k Resistor remove of a Tps against Rpm change and Gas exhaust emissions Hc on Honda Vario 125 PGM-FI. Thesis, Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Mentor (I) Drs. Imam Muda Nauri, S.T., M.T., (II) Fuad Indra Kusuma, S. Pd, M. Pd.

Keywords: TPS, variable Resistor5K, exhaust emission.

Motorcycles became the most desirable and effective means of transportation by the people this is seen from the addition of a motorcycle vehicle from 2002 to 2010 reaching 10.8%. To improve the efficiency of the vehicle. Many engines experienced the development of one of them is the development of injection technology. Where fuel input has been controlled electronically by utilizing signal from the sensor one of which is the TPS. Along with the development of such technology should be a big business opportunity but it is in accordance with the data provided by the statistical body No. 42/05/Th. XXI, 07 may 2018 the unemployment rate reaches an Angaka 30.34% it is calculated starting SMP and graduate schools, this is due to lack of knowledge to meet the development of one of the technology about the sensors, this is what resulted in not many Home industry that produces this sensor, by Therefore, the need to research the use of 5K resistor variables in lieu of the TPS to add to the existing literacy. The research also pays attention to HC exhaust emission as the impact of an inappropriate mixture of fuel and air as well as RPM directly related to engine power and torque. The study aims to know the difference between the TPS with variable 5K resistors and the standard TPS against the HC exhaust emission and RPM of Honda Vario 125 PGM-FI.

This research is an experimental quasi research or a pseudo experiment in which to analyse the data using the Independent sample t-Test with the normality requirement test and homogenity for statistical calculations using SPSS application. Data retrieval is carried out in the gas valve aperture 0%-80% This corresponds to the fuel map reading which reads every 10% increments listed in the ECU Daytona Pro V. 1.08 application with a 10% increase in increments and each multiples test 3 times.

The results of this study contained significant differences between the use of original TPS and TPS with variable 5K resistors where the RPM of engines using the 5K resistor variable was lower when compared to engines that used the TPS Original and the emission of HC exhaust gas on engines using the 5K resistor variable is still causing high enough HC exhaust emission, so that a variable 5K resistor can be used as a replacement for the original TPS but still worth noting again in Variable resistor selection and need improvement from the design to make the maximum work.