SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Learning Environment dan Learning Motivation Terhadap Capaian Employability Skills Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kelas XI di SMK Tekstil Pandaan

RIFQI MUHAMMAD RIZA

Abstrak


RINGKASAN

Rifqi, M. Riza. 2019. Pengaruh Learning Environment dan Learning Motivation Terhadap Capaian Employability Skills Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kelas XI di SMK Tekstil Pandaan. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Widiyanti, M.Pd., (2) Duwi Leksono Edy, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: learning environment, learning motivation, employability skills, SMK Tekstil Pandaan

Employability skills atau kecakapan bekerja perlu dimiliki oleh sumber daya manusia terutama siswa SMK dan calon pekerja. Ketika kegiatan pembelajaran dengan learning environment dan learning motivation berjalan dengan baik, diharapkan siswa dapat memiliki employability skills sehingga meningkatkan kualitas lulusan SMK agar sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh learning environment terhadap capaian employability skills, mengetahui pengaruh learning motivation terhadap capaian employability skills, dan mengetahui pengaruh learning environment dan learning motivation terhadap capaian employability skills siswa kompetensi keahlian Teknik Pemesinan kelas XI di SMK Tekstil Pandaan.

Penelitian menggunakan metode ex post facto. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Intrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Uji coba instrumen dilakukan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas intrumen penelitian. Kegiatan analisis data dilakukan pengujian prasyarat analisis yaitu; uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda.

 

Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Ada pengaruh yang signifikan learning environment terhadap capaian employability skills siswa kompetensi keahlian Teknik Pemesinan kelas XI di SMK Tekstil Pandaan. Kedua, ada pengaruh yang signifikan learning motivation terhadap capaian employability skills siswa kompetensi keahlian Teknik Pemesinan kelas XI di SMK Tekstil Pandaan. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan learning environment dan learning motivation terhadap capaian employability skills siswa kompetensi keahlian Teknik Pemesinan kelas XI di SMK Tekstil Pandaan.