SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kelayakan Sarana Prasarana dan Tenaga Pendidik Program Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor di SMKN 10 Malang

JAYA IRFAN ANDIKA

Abstrak


Abstrak

Jaya, Irfan Andika. 2019. Kelayakan sarana prasarana dan tenaga pendidik program keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor SMKN 10 Malang, Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Agus Sholah,,M.Pd., (2) Fuad Indra Kusuma, S.Pd, M.Pd 

 

Kata Kunci: Kelayakan, Sarana Prasarana, Tenaga Pendidik

Pendidikan merupakan usaha untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, atau pelatihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Pendidikan memiliki peranan penting untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia(SDM). Pemerintah bertugas menentukan standar-standar penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Standar-standar penyelenggaraan pendidikan yaitu:

(1) Standar Isi,

(2) Standar Proses,

(3) Standar Kompetensi Lulusan,

(4) Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan,

(5) Standar Sarana dan Prasarana,

(6) Standar Pengelolahan,

(7) Standar Pembiayaan, dan

(8) Standar Penilaian Pendidikan.

Berhasil atau tidaknya sebuah pendidikan ditentukan oleh beberapa faktor yaitu sarana prasarana yang lengkap atau memadai dan membutuhkan tenaga pendidik yang mumpuni atau professional. Oleh sebab itu perlu dilihat standar kelayakannya pada sekolah agar output bisa baik dan siap bekerja di dunia kerja.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang bisa diamati. Penelitian ini dilakukan di SMKN 10 kota malang .teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, kuisioner. Tahapan yang dilakukan peneliti yaitu tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap yang terakhir adalah penulisan laporan.  

Berdasarkan data yang saya dapatkan dari observasi(check list) tentang kondisi sarana  prasarana di SMKN 10 Malang diperoleh sebesar 92% sehingga dapat dikatakan layak karena sudah memenuhi kriteria minimal kelayakan yaitu sebesar 75% Sedangkan itu  dari data yang saya dapatkan dari kuisioner tenaga pendidik di SMKN 10 sudah dikatakan layak dikarena sudah memenuhi standar minimum kelayakan berdasarkan angket yang sudah disebar.saran untuk sarana prasarana adalah

1) Penyimpanan Alat harus lebih  dirapikan dan luas ruang penyimpanan alat harus lebih  diperluas,

2) Fasilitas Sarana Prasarana harus lebih perbaiki lagi agar menunjang pembelajaran siswa,

3) Harus melakukan perawatan berkala pada alat, biar alat tidak cepat rusak. Sedangkan saran untuk tenaga pendidik adalah Tenaga Pendidik yang belum bersertifikat pendidik harus  mengikuti training atau pelatihan agar mendapatkan sertifikat dari pemerintah.

 

Abstract

Jaya, Irfan Andika. 2019. The feasibility of infrastructures and educators in motorcycle engineering business SMKN 10 Malang, Minor thesis, Mechanical Engineering Faculty, Malang State University. Supervisor: (1) Dr. H. Agus Sholah,,M.Pd., (2) Fuad Indra Kusuma, S.Pd, M.Pd 

 

Keywords: Feasibility, Infrastructure, Educators

Education is an effort to prepare students through guidance, teaching or training activities for their role in the future. Education has an important role to develop Human Resources (HR). The government is tasked to determine the standards in implementing education in Indonesia. The standards for implementing education are:

(1) Content standard,

(2) Process Standard,

(3) Graduates Competency Standard,

(4) Education Standard and Education Personnel,

(5) Facilities and Infrastructure Standard,

(6) Management Standards,

(7) Financing Standards, and

(8) Educational Assessment Standards.

Education is determined to be success or not it is influence by several factors such as adequate infrastructures and also requires qualified or professional educators. Therefore it is necessary to look at the standards of feasibility in schools so it can give a good output and they are ready to face working environment.

The approach used in this study is qualitative research. Qualitative research is a research procedure that produces descriptive written or oral data from people and observable behavior. This research was conducted at SMKN 10 Malang. Data collection techniques used were observation, documentation, interviews and questionnaires. The steps carried out by the researcher are the pre-field stage, field working stage, data analysis phase, and the last step is report writing.

Based on the data that the researcher received from observation (check list) on the condition of infrastructures at SMKN 10 Malang, in results to 92% so that it could be considered feasible because it had fulfilled the minimum eligibility criteria is 75%. Whereas  the questionnaire data that I received  from teaching staff at SMKN 10 Malang  it is concluded to  be feasible because it had met the minimum standards of feasibility based on the questionnaire that had been distributed. Suggestion for infrastructures are

1) storage tools must be tidied and also  storage area must expanded

2) Facilities and Infrastructure must be improved in order to support students in learning process,

 

3) Must carry out regular maintenance on the equipment, so that the tool is not damaged. While suggestions for educators are Educators who have not been certified as educators must take training  to get certificate from the government.