SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kerjasama Sekolah dengan Industri dalam Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Siswa SMK di Bojonegoro (Studi Multikasus pada SMK Negeri 1 Baureno dan SMKS Muhammadiyah 1 Sumberrejo)

MUHAMMAD RIZKI MUZAINI

Abstrak


Muzaini, Muhammad Rizki. 2019. Kerjasama Sekolah dengan Industri dalam Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Siswa SMK di Bojonegoro (Studi Multikasus pada SMK Negeri 1 Baureno dan SMKS Muhammadiyah 1 Sumberrejo). Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Marsono, S.Pd.T., M.Pd., Ph.D., (II) Drs. Basuki, M.Pd.

 

Kata kunci: Praktik Kerja Lapangan, Industri, SMK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kerjasama sekolah dengan industri dalam perencanaan praktik kerja lapangan, pelaksanaan praktik kerja lapangan, serta evaluasi praktik kerja lapangan di SMK Negeri 1 Baureno, SMKS Muhammadiyah 1 Sumberrejo, dan PT. Kharisma Sejahtera Daihatsu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi multikasus. Koresponden dalam penelitian ini meliputi Ketua Program Kerja Praktik Kerja Lapangan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru Pembimbing Praktik Kerja Lapangan, dan Perwakilan dari Industri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data, digunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan sumber pengumpulan data. Dari penelitian ini didapatkan hasil berupa bagan mengenai kerjasama sekolah dengan industri dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan siswa SMK di Bojonegoro.