SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Blended Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sistem AC Kelas XII TKR SMK Nasional Malang

PURNOMO MIFTACHUL CHOIRUDIN

Abstrak


RINGKASAN

Purnomo, Miftachul Choirudin. 2019. Penerapan Blended Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sistem AC Kelas XII TKR SMK Nasional Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. pembimbing: Dr. Drs. Syarif Suhartadi M.Pd, (I) Drs. Sumarli M.Pd, M.T.(II)

 

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Blended Learning, Prestasi Belajar.

Hasil prestasi belajar yang diperoleh pada setiap siswa berbeda-beda dan banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Diantaranya yaitu penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat digunakan dalam pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode blended learning berbasis edmodo. Dengan menerapkan metode blended learning berbasis edmodo siswa dapat dengan mudah mencari pengetahuannya sendiri, pembelajaran juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja bila diperlukan. Pendidik sesama pendidik, peserta didik sesama peserta didik maupun pendidik dan peserta didik dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan berbagi data dan materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode blended learning pada kompetensi dasar sistem AC kelas XII di SMK Nasional Malang dan untuk mengetahui penerapan metode blended learning berbasis edmodo apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar sistem AC kelas XII di SMK Nasional Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII TKR SMK asioanal Malang sebanyak 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa tes tulis pilihan ganda yaitu postest, yang diberikan diakhir siklus untuk mengetahui keefektifan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I masih banyak siswa yang tidak memperhatikan, bermain hp sendiri, menyalahgunakan penggunaan internet untuk membuka aplikasi lain selain edmodo dan keterbatasan internet, sehingga nilai hasil postest di akhir siklusn 1 hanya 9 siswa yang dapat melampaui KKM, sedangkan hasil upayaperbaikan disiklus II, siswa cenderung memperhatikan dan mengikuti pembelajaran dengan tenang dan kondusif, sehingga dengan menerapkan metode blended learning berbasis edmodo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa sebelum adanya perlakuan siswa yang melampaui KKM hanya 7 siswa. Namun setelah penerapan siklus I sebanyak 9 siswa melampaui KKM dan mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 12 siswa menjadi 21 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan,

(1) Pembelajaran untuk diterapkan di sekolah sebagai alternatif untuk memecahkan persoalan pembelajaran yang belum tersampaikan atau membutuhkan jam tambahan,

(2) dapat diterapkan guna meningkatkan hasil belajar siswa.