SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Sudut Lengkungan Exhaust Pipe Knalpot Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang Motor 4 Tak Supra X 125 CC

Ubaydillah Hafidz

Abstrak


ABSTRAK

Ubaydillah, Hafidz. 2019. Pengaruh Sudut Lengkungan Exhaust Pipe Knalpot Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang Motor 4 Tak Supra X 125 CC. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E., M.M., M.Pd. (II) Drs. Paryono, S.T, M.T.

 

Kata Kunci: lengkungan Exhaust Pipe, daya mesin, emisi gas buang

Perkembangan industri otomotif sangatlah pesat dengan disertai jumlah kendaraan bermotor yang meningkat. Disamping dengan perkembangan industri otomotif tentunya modifikasi kendaraan roda dua pun cukup banyak diminati. Salah satunya dengan mengganti ukuran sudut lengkungan exhaust pipe dengan tujuan agar menghasilkan performa mesin yang optimal pada kendaraan bermotor.

Penelitian ini bertujuan:

(1) Untuk mengetahui pengaruh lengkungan Exhaust Pipe  knalpot terhadap daya pada motor 4 tak Honda Supra X 125 cc,

(2) Untuk mengetahui pengaruh lengkungan Exhaust Pipe  knalpot terhadap emisi gas buang pada motor 4 tak Honda Supra X 125 cc. Exhaust pipe merupakan komponen yang berfungsi untuk mengalirkan gas buang. Sudut lengkungan dari exhaust pipe merupakan factor penting meningkatkan performa mesin. Kendaraan standart umumnya menggunakan ukuran sudut lengkungan 80º sedangkan kendaraan balap menggunakan sudut lengkungan exhaust pipe yang lebih besar. Tentunya konstruksi dari exhaust juga akan mempengaruhi dari emisi gas buang CO dan HC. CO dan HC merupakan senyawa sisa hasil pembakaran yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen. Dimana variabel bebasnya adalah variasi sudut lengkungan exhaust pipe, yaitu: lengkungan 70º, lengkungan 80º dan lengkungan 90º. Sedangkan variabel terikatnya adalah daya mesin dan kadar emisi gas buang CO dan HC. Data yang diambil mulai dari 3000 rpm hingga 8000 rpm dengan kenaikkan 500 rpm, kemudian statisik parametric dengan menggunakan metode one way anova digunakan untuk menganalisis data yang dibantu oleh SPSS 25 untuk windows.

Berdasarkan data pengujian daya daya terbesar terdapat pada sudut lengkungan exhaust pipe 90º dengan daya maksimum 11.657598 Hp dan daya minimum 1.937894 Hp. Peningkatan kadar emisi gas CO terjadi pada sudut lengkungan exhaust pipe 70º dengan peningkatan sebesar 0,2325%. Di sisi lain, kadar emisi gas HC terbesar terjadi pada sudut lengkungan exhaust pipe 90º dengan peningkatan sebesar 28 ppm. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan daya yang signifikan dengan penggunaan variasi sudut lengkungan exhaust pipe 70º dengan 80º dan 90º. Sedangkan pada pengujian emisi CO dan HC terdapat perbedaan yang signifikan antara sudut lengkungan exhaust pipe 70º dengan 80º dan 90º.

 

ABSTRACT

Ubaydillah, Hafidz. 2019. The Effect of Exhaust Pipe Arch Angle on Engine Power and Exhaust Emissions in 4 Stroke Motorcycle Honda Supra X 125 CC. Thesis, Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Advisors: (I) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, M.M., M.Pd. (II) Drs. Paryono, S.T, M.T.

 

Key Word: Exhaust pipe Arch Angle, engine power, exhaust emissions

The development of the automotive industry is very rapid with the increasing number vehicles. In addition to the development of the automotive industry of course the modification of two-wheeled vehicle was quite a lot of interest. One of them by changing the size of the exhaust pipe arch angle with the aim to produce the optimal engine performance on motorcycle.

This study aims:

(1) to determine the effect of exhaust pipe arch angle on engine power in 4 stroke motorcycle Honda Supra X 125 cc,

(2) to determine the effect of exhaust pipe arch angle on exhaust emissions in 4 stroke motorcycle Honda Supra X 125 cc. Exhaust pipe is a component in the vehicle that serves to drain the exhaust gas to the muffler and the exhaust to the outside environment. The arch angle of the exhaust pipe is one factor to improve the engine performance of a vehicle. Public standard vehicles generally use arch angle sizes of 80º while racing vehicles tend to use large arch angle exhaust pipe. Surely the construction of the exhaust will also affect the CO and HC exhaust emissions. CO and HC are residual compounds of combustion products that are particularly harmful to the human body.

This research uses experimental type. With the independent variable is variasion of exhaust pipe arch angle, that is: arch angle of 70º, arch angle of 80º and arch angle of 90º. While the dependent variable is the engine power with CO and HC. Data taken from 3000 rpm to 8000 rpm with 500 rpm increase, and then static parametric by using one way anova method used to analyze data assisted by SPSS 25 for windows.

Based on the data of the largest power testing is found on the exhaust pipe arch angle of 90º  with a maximum power of 11.657598 Hp and a minimum power of 1.937894 Hp. Increased CO emission levels occurred in the exhaust pipe arch angle of 70º with an increase of 0,2325%. On the other hand, the highest emission rate of HC gas occurred in the exhaust pipe arch angle of 90º with an increase of 28 ppm. Based on this research it can be concluded that there is no significant power difference with the use exhaust pipe arch angle of 70º variation with 80º and 90º. While on the test of CO and HC emission there is a significant difference between exhaust pipe arch angle of 70º with 80º and 90º.