SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PIZZA HUT MATOS MALANG

AGUS MUHAJIR

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Muhajir, Agus. 2010. Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja karyawan Pizza Hut MATOS Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sopiah, M.Pd., M.M, (2) Dra. Hj. Rina Rifqie Mariana, M.P

 

Kata Kunci: Komunikasi Organisasi dan Kinerja

 

Persaingan antar perusahaan yang begitu ketat menyebabkan perusahaan harus mempertahankan kualitas produk dan jasanya guna memenangkan persaingan tersebut. Untuk menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas prima dan dijadikan sebagai prioritas utama konsumen tidak lepas dari peran penting kinerja sumber daya manusianya, komunikasi organisasi merupakan salah satu cara yang dapat memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi komunikasi organisasi (komunikasi dari atas ke bawah, komunikasi dari bawah ke atas, komunikasi horizontal dan komunikasi diagonal) di Pizza Hut MATOS Malang; (2) Deskripsi kinerja karyawan di Pizza Hut MATOS Malang, (3) Pengaruh positif komunikasi organisasi (komunikasi dari atas ke bawah, komunikasi dari bawah ke atas, komunikasi horizontal dan komunikasi diagonal) secara parsial terhadap kinerja karyawan Pizza Hut MATOS Malang; (4) Pengaruh positif komunikasi organisasi (komunikasi dari atas ke bawah, komunikasi dari bawah ke atas, komunikasi horizontal dan komunikasi diagonal) secara simultan terhadap kinerja karyawan Pizza Hut MATOS Malang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research.  

Hasil penelitian adalah (1) Ada pengaruh positif komunikasi organisasi (yang terdiri komunikasi dari atas ke bawah (X1), komunikasi dari bawah ke atas (X2), komunikasi horizontal (X3), dan komunikasi diagonal (X4)) secara parsial terhadap kinerja (Y). (2) Ada pengaruh positif komunikasi organisasi (yang terdiri dari komunikasi dari atas ke bawah (X1), komunikasi dari bawah ke atas (X2), komunikasi horizontal (X3), dan komunikasi diagonal (X4)) secara simultan terhadap kinerja (Y). Saran yang dapat diberikan atas hasil penelitian tersebut untuk perusahaan (a) selalu meningkatakan komunikasi organisasi yang lebih efektif baik dari manajer terhadap karyawan, maupun karyawan dengan karyawan, sehingga tidak terulang kembali kesalah pahaman yang nantinya berdampak tehadap perusahaan sendiri; (b) Mengacu pada hasil temuan bahwa terdapat tujuh orang karyawan yang memilki kinerja rendah untuk itu perusahaan dapat mengadakan rapat setiap minggunya untuk mengetahui kondisi kinerja dan  memberikan motivasi kepada seluruh karyawan, memberikan reward, serta perusahaan dapat mengadakan acara diluar pekerjaan untuk menghilangkan kejenuhan kerja karyawan.