SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KEKUATAN TARIK DAN KEKERASAN VICKERS SAMBUNGAN LAS DENGAN VARIASI KECEPATAN GESER ELEKTRODA PADA PENGELASAN SHIELD METAL ARC WELDING (SMAW)

Setiawan Roni

Abstrak


RINGKASAN

Setiawan, Roni. 2019. Analisis Kekuatan Tarik dan Kekerasan Vickers Sambungan Las dengan Variasi Kecepatan Geser Elektroda pada Pengelasan Shield Metal Arc Welding (SMAW). Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Solichin, S.T., M.Kes., (II) Duwi Leksono Edy, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: kecepatan geser elektroda, sifat mekanik, pengelasan SMAW

Kecepatan geser elektroda merupakan salah satu parameter yang perlu diperhatikan dalam proses pengelasan. Kecepatan geser elektroda dapat mempengaruhi pemanasan pada material dan sambungan las. Dampak dari pemanasan tersebut mengakibatkan perubahan sifat mekanik khususnya kekuatan tarik dan kekerasan vickers. Kekuatan tarik merupakan kemampuan material untuk menahan beban secara statis atau dinamis dalam area global, sedangkan kekerasan merupakan kemampuan material untuk menerima beban secara statis atau dinamis di daerah permukaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) nilai kecepatan pengelasan pada jarak pengelasan 120 mm;

(2) nilai kekuatan tarik; dan

(3) nilai kekerasan vickers.

Proses pengelasan yang digunakan pada penelitian ini adalah pengelasan Shield Metal Arc Welding (SMAW) dimana dalam pengelasan ini menggunakan elektroda E7016 LB–52U dengan kampuh V (α = 600, jarak root face 1 mm, dan jarak antar kampuh 1 mm).

Rancangan penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain rancangan pre experimental design. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dimana data statistik diperoleh dari hasil pengujian sambungan las kemudian di deskripsikan. Penelitian ini menggunakan 2 variasi kecepatan geser eletroda yaitu kecepatan 1,99 mm/s dan kecepatan 1,33 mm/s. Dari hasil analisis diperoleh bahwa variasi kecepatan geser elektroda mempengaruhi nilai kekuatan tarik dan kekerasan sambungan las.

Hasil penelitian ini menghasilkan dua variasi pengelasan yaitu 1,99 mm/s dan 1,33 mm/s. Masing–masing variasi menunjukkan perbedaan nilai kekuatan tarik dan HVN pada kecepatan geser elektroda 1,99 mm/s dan 1,33 mm/s. Pada kecepatan geser elektroda 1,99 mm/s menghasilkan nilai kekuatan tarik rata–rata sebesar 63,05 kg/mm2 dan nilai kekerasan vickers diperoleh rata–rata sebesar 290,12 HVN, sedangkan untuk kecepatan geser elekroda 1,33 mm/s menghasilkan nilai kekuatan tarik rata–rata sebesar 64,32 kg/mm2 dan untuk kekerasan vickers memperoleh nilai rata–rata sebesar 274,06 HVN.