SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Penggunaan Elektronik Turbocharger Terhadap Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor

rifki zainur rahman rahman

Abstrak


Abstrak

 

Kata Kunci :Elektronik Turbocharger, Gas Buang, Karbon Monoksida, Hidrokarbon

 

            Pencemaran udara yang disebabkan gas buang kendaraan bermotor merupakan ancaman bagi kesehatan mahluk hidup. Hal itu disebabkan karena pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat pada setiap tahunnya. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi emisi gas buang diantaranya dengan dikeluarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 tentang ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor. Keadaan ini pasti membutuhkan solusi salah satunya pengurangan emisi gas buang kendaraan bermotor.salah satu upaya alternatif untuk memaksimalkan pembakaran adalah dengan membuat aliran putar turbulen pada fluida kerja (swirl) sehingga mengoptimalkan percampuran udara dengan bahan bakar salah satunya dengan Elektronik Turbocharger.

            Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui jumlah emisi gas buang (CO dan HC) yang dihasilkan mesin yang belum terpasang Elektronik Turbochargerdan sudah terpasang Elektronik Turbocharger. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pada penggunaan Elektronik Turbocharger terhadap emisi gas buang CO. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pada penggunaan Elektronik Turbocharger terhadap emisi gas buang HC.

            Penelitian ini menggunakan jenis metode eksperimen dengan menggunakan dua variabel penelitian. Vareabel bebas dalam penelitian ini adalah jenis Elektronik Turbocharger,Variabel terikat dalam penelitian ini adalah emisi gas buang. Penelitian untuk menguji emisi gas buang dilaksanakan di Laboratorium Otomotif Universitas Negeri Malang. Data yang diambil dari rpm 1500 sampai 7500 dengan kenaikan 1500 rpm. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametrik menggunakan metode statistik Paired Sample t Test dengan bantuan SPSS 20 for Windows.

            Hasil penelitian yang didapat pada penelitian tersebut ialah, pemasangan Elektronik Turbocharger memberikan dampak positif yaitu berkurangnya kadar CO dan HC setelah pemasangan Elektronik Turbocharger. Hasil tersebut dipengaruhi oleh pusaran yang terjadi didalam saringan udara sihingga campuran udara dan bahan bakar lebih homogen yang berakibat pembakaran yang sempurna.

            Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemasangan Elektronik Turbocharger terhadap emisi gas buang CO dan HC pada Honda Vario 125 eSP pada putaran 1500 rpm, 3000 rpm, 4500 rpm, 6000 rpm dan 7500 rpm.