SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Free Web Blog dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Pengapian Konvensional di SMK Negeri 11 Malang

Muhammad Arief Prasetya

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetya, Muhammad Arief. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Free Web Blog dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Pengapian Konvensional di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Agus Solah, M. Pd., (II) Drs. Imam Muda Nauri, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: modul, free web blog, e-learning, sistem pengapian konvensional

 

Pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien merupakan tujuan dalam proses belajar mengajar yang menekankan penguasaan materi yang cepat dan tuntas. Peran modul pembelajaran sebagai alat yang menjembatani peserta didik untuk memperoleh informasi baik saat pembelajaran maupun setelah pembelajaran.Perkembangan Teknologi dan Informasi (TI) yang berkembang begitu pesat ini, memberikan banyak pengaruh terhadap berbagai bidang, tidak terkecuali bidang otomotif. Dengan perkembangan yang begitu pesatnya, pembelajaran di SMK khususnya bidang yang berkaitan dengan otomotif perlu adanya sistem pembelajaran yang selalu mengikuti jaman, seperti contoh pembuatan modul online yang memberikan kemudahan akses bagi kegiatan belajar mengajar.

Untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis free web blog pada Mata Pelajaran Kelistrikan Kendaraan Ringan Kompetensi Pemeliharaan Sistem Pengapian, peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat luas, maka diperlukan untuk menguji keefektifan produk tersebut. Langkah-langkah penelitian pengembangan (Research & Development) yang digunakan diantaranya adalah : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produk siap digunakan.

Untuk mengetahui kelayakan modul, dilakukan uji validitas modul dan uji-coba pemakaian. Uji validitas modul dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 97,5 %, sementara hasil validasi ahli materi diperoleh nilai sebesar 91,25 %. Uji-coba pemakaian dilakukan sebanyak dua kali dengan uji skala kecil dengan memperoleh nilai 92,38 %. Analisis uji-coba skala besar memperoleh hasil signifikan dengan rata-rata nilai pretest dan posttest masing-masing sebesar 59,60 dan 73,76. Dengan demikian, modul pembelajaran berbasis free web blog layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Negeri 11 Malang.