SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Termogravimetrik Pembakaran Limbah Pelepah Kelapa Sawit pada Variasi Heating Rate

Dino Purwandika

Abstrak


ABSTRACT

 

Purwandika, Dino, 2017. Analisis Termogravimetrik Pembakaran Limbah Pelepah

Kelapa Sawit pada Variasi Heating Rate. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin,

 

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

 

(I) Dr. Sukarni, S.T.,M.T. (II) Hj. Dr. Widiyanti, M.Pd.

 

Kata kunci: analisis Termogravimetrik, dekomposisi pembakaran, limbah

kelapa sawit, variasi heating rate

 

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi, serta bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan energi semakin meningkat, sementara persediaan energi dari bahan bakar fosil yang selama ini menjadi ketergantungan jumlahnya begitu terbatas. Di sisi lain limbah pelepah kelapa sawit dengan jumlahnya yang melimpah masih belum termanfaatkan secara optimal, sehingga limbah pelepah kelapa sawit diusahakan mampu sebagai pengganti energi fosil untuk diolah menjadi energi alternatif terbarukan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan  rancangan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik dekomposisi termal pembakaran dan energi aktivasi dengan variasi heating rate. Pengujian termogravimetrik untuk mengetahui perubahan berat (mass loss) dan laju penurunan massa (mass loss rate). Hasil pengujian untuk mengetahui kelembaban (moisture), pelepasan volatil, pembakaran arang, dan pembentukan abu. Sampel yang digunakan sebanyak 10 mg, dengan laju aliran udara konstan 100 ml/menit  rentang temperatur pembakaran 25 – 10000C pada heating rate 10, 15, 20, 25 0C/min

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dekomposisi pembakaran pada heating rate 10, 15, 20, 25 0C/min limbah pelepah kelapa sawit terjadi dalam 3 tahap. Tahap pertama proses hilangnya kelembaban (moisture) dengan sedikit volatil ringan, tahap kedua merupakan pelepasan volatil dengan sedikit pembakaran arang, dan tahap ketiga adalah tahap pembakaran arang.                   

Nilai energi aktivasi telah dihitung dengan menggunakan dua metode perhitungan yaitu metode Flynn Wall Ozawa (FWO) dan Vyazovkin. Hasil perhitungan energi aktivasi pada pembakaran limbah pelepah kelapa sawit dihitung dengan menggunakan metode FWO nilai rata – rata energi aktivasi diperoleh sebesar 80.64 kJ/mol, sedangkan dengan menggunakan metode Vyazovkin sebesar 73.11 kJ/mol.