SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Unjuk Kerja Kincir Air Kaki Angsa Next-G dengan Variasi Jumlah Kaki Sudu, Lebar Sudu dan Kecepatan Air Menggunakan Pendekatan Komputasional

Muhamad Taufiq Hidayat

Abstrak


ABSTRACT

 

Hidayat, Muhamad Taufiq. 2017. Unjuk Kerja Kincir Air Kaki Angsa Next-G dengan Variasi Jumlah Kaki Sudu, Lebar Sudu dan Kecepatan Air Menggunakan Pendekatan Komputasional. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Retno Wulandari. S.T., M.T, (II) Prof. Dr. Ir. H, Djoko Kustono, M.Pd.

 

Kata Kunci:KincirAir kaki Angsa Next-G,jumlah kaki sudu, lebar sudu, kecepatan Computational Fluids Dynamics

 

Krisis energi yang disebabkan oleh kebutuhan bahan bakar minyak menyebabkan perlunya energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan sumber energi listrik. .Kincir Air kaki Angsa perlu didesain untuk mampu mengekstrak energi dari free water flow atau zero head water power resources dan dikembangkan desainnya menggunakan perangkat lunak Computational Fluid Dynamics (CFD), dalam bentuk model kincir air kaki angsa Next-G. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui efisiensi kincir air kaki angsa Next-G dengan variasi jumlah kaki sudu, lebar sudu dan kecepatan air menggunakan pendekatan komputasional.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu mengetahui performansi modifikasi kincir air kaki angsa Next-G yang paling optimal berdasarkanvariasi jumlah kaki sudu, lebar sudu dan kecepatan air sebagai berikut:  (1) 600 mm; (2) 700 mm; (3) 750 mm, untuk jumlah kaki yang digunakan  4 buah, 6 buah, 8 buah kaki dan kecepatan air 0,6 m/s, 0,7 m/s, 0,8 m/s menggunakan Computational Fluids Dinamics (CFD).

Berdasarkan penelitian ini didapatkan desain kincir air yang paling optimal adalah pada variasi jumlah kaki sudu 4, lebar 750 mm dengan kecepatan air 0,8 m/s memiliki nilai efisiensi paling tinggi diantara variasi yang lain yakni 74,7 % dengan nilai moment pressure 2506,30 Nm. Hasil perhitungan sesuai dengan analisis Taguchi dalam software Minitab diamana desain optimal juga diperuleh pada variasi jumlah kaki sudu 4, lebar 750 mm dan kecepatan 0,8 m/s, sedangkan nilai efisiensi terendah menurut perhitungan adalah pada variasi jumlah kaki sudu 8, lebar sudu 600 mm dengan kecepatan air 0,8 m/s. memiliki nilai efisiensi sebesar 19,63 %.