SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Manajemen Teaching Factory Bidang Teknik Pemesinan di SMK Turen

Kuncoro Alim Sarinda

Abstrak


ABSTRACT

 

Teaching Factory adalah suatu konsep pembelajaran dalam suasana industri, sehingga dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan pengetahuan sekolah. Teaching factory merupakan pengembangan dari unit produksi yakni penerapan system industri mitra di unit produksi yang telah ada di SMK. Unit produksi adalah pengembangan bidang usaha sekolah selain untuk menambah penghasilan sekolah yang dapat digunakan dalam upaya pemeliharaan peralatan, peningkatan SDM, dan lain-lain juga untuk memberikan pengalaman kerja yang benar-benar nyata pada siswanya. Pelaksanaan teaching factory sangat bergantung kepada manajemen yang telah dilakukan. Apabila manajemen teaching factory telah dilakukan dengan baik yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan maka teaching factory tersebut akan dapat dilakukan secara professional.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus, dengan jenis pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMK Turen Kabupaten Malang. Sumber data didapat dari beberapa informan yaitu kepala sekolah, kepala program teknik pemesinan, guru teknik pemesinan, dan tool man atau teknisi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pengamatan atau observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap penelitian meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data.

Hasil penelitian secara keseluruhan mengenai manajemen teaching factory bidang teknik pemesinan di SMK Turen sudah cukup baik. Namun masih perlu adanya evaluasi atau perbaikan dibeberapa bidang, agar teaching factory bidang teknik pemesinan di SMK Turen dapat berkembang lebih pesat. Evaluasi tersebut biasa dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada saat kegiatan teaching factory berlangsung.