SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Instalasi Motor Listrik Pengendali Elektromagnetik Dengan Pendekatan Saintifik Untuk siswa kelas XI Semester 4 di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Wahyu Prastyo

Abstrak


ABSTRACT

 

Proses belajar terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya.Salah satu pertanda bahwa seseorang telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri  orang  itu  yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, keterampilan, atau sikapnya. Salah satucara yang efektif untuk membantu siswa dalam mempermudah proses belajar yaitu dengan pemanfaatan bahan ajar. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan guru / instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud dapat berupabahan tertulis maupun tidak tertulis (Abdul Majid, 2007:174). Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah maka tujuan dari penelitian pengembangan buku ajar ini adalah untuk Merancang, Membuat dan Menguji tingkat kelayakan Buku Ajar Instalasi Motor Listrik Pengendali Elektromagnetik dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang.

Penulis mengambil pendekatan pengembangan Sadiman karena lebih sesuai dengan penelitian pengembangan yang dilakukan oleh peneliti. Adapun langkah - langkah pengembangan Sadiman meliputi: a) menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa; b) merumuskan tujuan instruksional dengan operasional dan khas; c) merumuskan butir - butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan; d) mengembangkan alat ukur keberhasilan; e) menulis naskah media; f) mengadakan tes dan revisi.

Data Kuantitatif hasil validasi ahli adalah114 untuk buku ajar dan jobshet. Sedangkan skor maksimal yang diharapkan (TSh) adalah132 untuk buku ajar dan jobsheet. Hasil pak Dwi Prihanto 86.39% untuk buku ajar dan 87.31 % untuk jobshee, sedangkan buYuni Rahmawati memberiskor 90.80% untuk buku ajar dan 88.61 % untuk jobsheet.Dari hasil uji coba kelompok kecil adalah 1180 untukbuku ajar dan 1189 untuk jobsheet.Sedangkan skor maksimal yang diharapkan (TSh) adalah 1289 untuk buku dan jobsheet. Hasil 89,49untuk buku ajar dan 90,10 untuk jobsheet. Hasil uji lapangan adalah 3591 untuk buku ajar dan 3576 untuk jobsheet.Sedangkan skor maksimal yang diharapkan (TSh) adalah 4122 untuk buku ajar dan jobsheet. Hasil 87,70untuk buku ajar dan 86,19 untuk jobsheet.