SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash pada Materi Ergonomi di Jurusan Teknik Pemesinan Kelas X SMK Negeri 1 Gempol

Sandiko Setia Agung, Sandiko Agung

Abstrak


ABSTRACT

 

     Pemanfaatan media pembelajaran khususnya berbasis flash dalam

proses belajar pembelajaran sangatlah penting, karena dengan penggunaan media

pembelajaran akan mampu merangsang aspek pikiran, kerterampilan dan perasaan

siswa. Hal ini bisa menjadi solusi terhadap kurangnya media praktek dan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Gempol khususnya pada materi ergonomi angkat manual. Bagi siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan materi ini sangat penting karena berkaitan langsung dengan kesehatan dan keselamatan kerja pada pelaksanaan praktek di sekolah, industri maupun untuk kehidupan sehari-hari.

     Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media belajar mandiri menggunakan aplikasi berbasis flash pada materi ergonomi angkat manual dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran serta tanggapan dari siswa yang diharapkan bisa menjadi salah satu sumber belajar dan bekal bagi siswa untuk memperdalam materi. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode dari Dick and Carey dengan langkah-langkah pengembangan sebagai berikut: (1)

analisis; (2) desain; (3) pengembangan; (4) implementasi; (5) evaluasi. Dimana

pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran angket dan memperoleh data

kualitatif dan data kuantitatif.

     Pada penelitian dan pengembangan ini telah dihasilkan sebuah aplikasi berbasis flash sebagai media pembelajaran materi ergonomi angkat manual dengan nama Ergonome. Dari hasil uji media oleh para ahli dan subjek penelitian didapatkan hasil sebagai berikut: (1) dari ahli media, diperoleh rata-rata skor 4,07; (2) dari ahli materi diperoleh rata-rata skor 3,70; (3) dari subjek penelitian yaitu siswa diperoleh total skor 752. Berdasar kriteria validasi dari Khabibah dalam Prasetyo untuk nilai rata-rata x 3,50 ≤ x 4,50 adalah layak, untuk nilai rata-rata x 3,50 ≤ x 4,50 berarti layak, sedangkan untuk total skor yang diperoleh dari siswa 683-834 berarti baik atau layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak untuk digunakan.