SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH POLUTAN TERHADAP DENYUT NADI DAN TEKANAN DARAH SAAT PRAKTIK MOTOR BENSIN DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Wahyu Budi utomo

Abstrak


ABSTRACT

 

Utomo, Wahyu Budi. 2017. PengaruhPolutan terhadap Denyut Nadi dan Tekanan Darah saat Praktik Motor Bensin Di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr. Mardji, M. Kes., (II)  Drs. Paryono, ST.,M.T.

 

Kata Kunci: polutan, denyut nadi ,Tekanan Darah.

 

            Semakin meningkat pesat jumlah kendaraan bermotor, tidak dapat dipungkiri bahwa berdampak terhadap lingkungan dan kesehatan yang diakibatkan oleh emisi gas buang. Emisi gas buang terdiri berbagai macam gas CO, HC, Nox, Sox dan Pb dan dapat  membahayakan kesehatan, gas CO dan HC memliki sifat tak berabau, tidak bewarrna dan sangat beracun ini dapat mengganggu saluran pernapasan manusia terutama paru-paru dan jantung. Apabila kelamaan menghirup gas ini badan menjadi lemas, kepala pusing dan muntah.

            Penelitian ini bertujuan : (1) Menemukan pengaruh paparan Polutan terhadap denyut nadi saat praktik motor bensin di Universitas Negeri Malang. (2) Menemukan pengaaruh paparan Polutan terhadap tekanan darah saat praktik motor bensin di Universitas  Negeri Malang.

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasional yaitu penelitian dimana peneliti hanya melakukan observasi, peneliti memilih pendekatan penelitian Cross Sectional adalah penelitian observasional dimana pengambilan data variabel bebas dan variabel terikat dilakukan sekali waktu saat bersamaan. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu, variabel bebas dalam penelitian ini adalah Polutan Variabel terikat dalam penelitian ini adalah denyut nadi dan tekanan darah sedangkan variabel kontrol dalam penelitian ini adalah waktu praktik motor bensin. Sedangkan untuk mengetahui paparan Polutan  terhadap denyut nadi dan tekanan darah pada mahasiswa saat praktik motor bensin. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik dengan metode Uji T Paired Samples dengan program SPPS 18 for windows.

            Berdasarkan data penelitian Polutan terhadap denyut nadi dan tekanan darah yang telah diolah didapatkan hasil penelitian meliputi :1) Tidak ada pengaruh  denyut nadi yang signifikan p= 0,285 antara sebelum dan sesudah perlakuan. (2) tidak ada pengaruh tekanan darah sistolik yang signifikan p= 0,204 antara sebelum dan sesudah perlakuan. (3) tidak ada pengaruh tekanan darah distolik yang signifikan p= 0.214 antara sebelum dan sesudah perlakuan.

            Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari paparan Polutan saat melaksanakan praktik motor bensin selama 2 x 50 menit.

 

ABSTRACT

 

Utomo, Wahyu Budi. 2017. The effect of onPollutants Against Pulse Rate and Blood Pressure during Gasoline Motor Practices At State University of Malang.Sarjana’s Thesis, Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Advisors (I) Prof.Dr. Mardji, M. Kes., (II) Drs. Paryono, ST., M.T.

 

Keywords: pollutant, pulse, blood pressure.

 

The rapidly increasing number of motor vehicles, it can not be denied that the impact on the environment and health caused by exhaust emissions. Exhaust emissions comprise a wide range of CO, HC, NOx, Sox and Pb gases and can harm health, CO and HC gases. These non-toxic, non-toxic and highly toxic properties can interfere with the human respiratory tract, especially the lungs and heart. When inhaled breathe this gas body becomes weak, headache and vomiting.

This study aims: (1) Finding the effect of exposure to pollutant Polutan pulse during the practice of motor gasoline at the State University of Malang. (2) Finding the influence of exposure of Polutan to blood pressure during gasoline motor practice at State University of Malang.

This research use observational research method that is research where only observation researcher, researcher choose Cross Sectional research approach is observational research where free variable data and dependent variable are done once at the same time. There are three variables in this research that is, independent variable in this research is Pollutant The dependent variable in this research is pulse and blood pressure while control variable in this research is time of motor gasoline practice. Meanwhile, to know the exposure of pollutants to the pulse and blood pressure in students when the practice of gasoline motor. Technique of data analysis using parametric statistic with Test method Paired Samples with SPPS 18 for windows program.

Based on research data of Polutan on pulse and blood pressure that have been processed got result of research include: 1) No effect of significant pulse p = 0,285 between before and after treatment. (2) no significant effect of systolic blood pressure p = 0.204 between before and after treatment. (3) there was no significant influx of blood pressure distolik p = 0.214 between before and after treatment.

Based on the results of this study indicates that there is no significant effect of exposure to pollutants when carrying out gasoline motor practice for 2 x 50 minutes.