SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PETA ISI KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA KELAS X KURIKULUM 2013 REVISI 2016

Ismi Sofiani

Abstrak


ABSTRACT

 

Sofiani, Ismi. 2017. Peta Isi Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd

 

Kata Kunci: kompetensi dasar, bahasa Indonesia, Kurikulum 2013 revisi 2016.

 

Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA/MA/SMK/MAK memiliki empat tujuan utama yang tertuang dalam kompetensi inti dandijabarkan dalam kompetensi dasar. Kompetensi dasar memiliki peran yang penting dalam kurikulum. Pencapaian tujuan pembelajaran dan standar kompetensi lulusan sangat dipengaruhi oleh pemahaman terhadap kompetensi dasar. Pentingnya fungsi kompetensi dasar menjadi alasan peneliti memilih penelitian berupa Peta Isi Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2016.

Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif menelusuri/mengeksplor isi kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 yang telah direvisi pada tahun 2016i. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X kurikulum 2013 revisi 2016. Data dalam penelitian ini berupa pernyataan-pernyataan kompetensi dasar pengetahuan dan kompetensi dasar keterampilan kelas X.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) memetakan isi kompetensi dasar pengetahuan dalam kompetensi dasar Bahasa Indonesia kelas X Kurikulum 2013 revisi 2016, dan (2) memetakan isi kompetensi dasar pengetahuan dalam kompetensi dasar Bahasa Indonesia kelas X Kurikulum 2013 revisi 2016.

Berdasarkan analisis data diperoleh dua simpulan penelitian sebagai berikut. Pertama, kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X kurikulum 2013 revisi 2016 berisi (a) kemampuan berpikir tingkat rendah yang dipetakan oleh kata kerja operasional menghubungkan, dan (b) kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dipetakan oleh kata kerja operasional mengidentifikasi, membandingkan, menganalisis, dan mengevaluasi. Kedua, kompetensi dasar keterampilan Bahasa Indonesia kelas X Kurikulum 2013 revisi 2016 berisi (a) kemampuan berpikir tingkat rendah yang dipetakan oleh kata kerja operasional menginterpretasi, menciptakan kembali, menceritakan kembali, menyususn, mengungkapkan kembali, mendemonstrasikan, dan mereplikasi, dan (b) kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dipetakan oleh kata kerja operasional mengkonstruksikan.

Saran dari peneliti adalah (1) guru sebaiknya lebih cermat dalam memahami isi kompetensi dasar agar tidak terjadi kesalahan penafsiran kompetensi dasar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, (2) kepala sekolah perlu memberi perhatian terhadap kegiatan pembelajaran di kelas dengan cara menyediakan fasilitas yang dapat membantu terlaksananya pembelajaran bahasa Indonesia dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai, dan (3) peneliti yang mengabdikan diri untuk meneliti masalah pendidikan sebaiknya melakukan penelitian yang berkaitan dengan kompetensi dasar Bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2016 untuk melengkapi dan menyempurnakan penelitian ini.