SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Teknik Listrik Dasar otomotif dengan Pendekatan Problem Based learning untuk Kelas X SMK Negeri 1 watulimo Kabupaten Trenggalek

Firda Radyan Hardianta

Abstrak


ABSTRACT

 

Hardianta, Firda Radyan. 2017. Pengembangan Modul Teknik Listrik Dasar Otomotif dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Kelas X Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mardji, M.Kes., (II) Drs. Partono, M.Pd.

 

Kata Kunci : pengembangan modul, problem based learning, teknik listrik dasar otomotif

 

Pengembangan ini didasari oleh kurangnya bahan ajar mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Kenyataan di lapangan menunjukkan siswa belum bisa memahami materi sepenuhnya hanya dengan pembelajaran model ceramah dan kurangnya fasilitas pendukung pembelajaran. Pembelajaran teknik listrik dasar otomotif menggunakan modul dengan pendekatan problem based leearning diharapkan dapat membuat siswa lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam proses belajar serta menumbuhkan kemandirian siswa.

Metode pengembangan modul yang digunakan mengacu pada Pustekom Depdiknas 2007 melalui empat langkah pengembangan yaitu, tahap perencanaan, tahap penulisan, tahap review, uji coba dan revisi, dan tahap finalisasi dan percetakan.

Aspek yang dinilai oleh ahli materi meliputi aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian dan kesesuaian dengan pendekatan problem based learning. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi, modul masuk katagori baik dengan nilai rata-rata uji aspek 3,74. Aspek yang dinilai ahli media meliputi aspek kelayakan kegrafisan, kelayakan penyajian dan kelayakan bahasa. Berdasarkan hasil penilaian ahli media modul masuk kategori sangat baik deng nilai rata-rata aspek 4,87. Kepraktisan modul berdasar penilaian guru termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 4,00. Keefektifan penggunaan modul berdasar uji coba kepada siswa menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata nilai kelas setelah penggunaan modul 81,47  lebih tinggi dari sebelum penggunan modul dengan nilai rata-rata kelas 63,33.

Saran bagi guru mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif disarankan untuk memanfaatkan modul berbasis Problem Based Learning ini sebagai alternatif penunjang pembelajaran.