SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kepuasan Mahasiswa Otomotif terhadap Pelayanan Bengkel Praktik Otomotif di Universitas Negeri Malang

Vidya Narasya Rupa Adhika

Abstrak


ABSTRACT

 

Adhika, Vidya Narasya Rupa. 2017.Analisis Kepuasan Mahasiswa Otomotif terhadap Pelayanan Bengkel Praktik Otomotif di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yoto, S.T, M.M, M.Pd. (II) Drs. Paryono, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: kepuasan, otomotif, pelayanan, bengkel praktik.

 

Laboratorium yang baik adalah suatu ruangan untuk kegiatan praktik atau penelitian yang ditunjang oleh peralatan dan infrastruktur laboratorium lengkap. Semua kegiatan di laboratorium memerlukan administrasi yang teratur dan terorganisir, sehingga laboratorium dapat ditata dan berfungsi secara optimal. Perencanaan tata letak merupakan langkah utama dalam perencanaan fasilitas yang bertujuan untuk mengembangkan suatu sistem produksi yang efisien dan efektif sehingga dapat tercapainya suatu proses produksi dengan biaya yang paling ekonomis dan proses kegiatan yang terkendali dengan baik.  Pengelolaan tata ruang yang baik tidak hanya memberikan manfaat untuk produk yang dihasilkan akan tetapi juga baik untuk keamanan dan keselamatan pengguna ruangan.Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui persepsi mahasiswa otomotif terhadap kuantitas peralatan/mesin-mesin bengkel praktik otomotif di Universitas Negeri Malang, 2) Mengetahui persepsi mahasiswa otomotif terhadap kualitas peralatan/mesin-mesin bengkel praktik otomotif di Universitas Negeri Malang, 3)Mengetahui persepsi mahasiswa otomotif terhadap kualitas pelayanan bengkel praktik otomotif di Universitas Negeri Malang, 4) Mendeskripsikan tingkat kepuasan mahasiswa otomotif terhadap pelayanan bengkel praktik otomotif di Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu survey deskriptif. Penelitian ini mengambil 25% dari 333 mahasiswa otomotif Universitas Negeri Malang yaitu 87 mahasiswa. Analisa diawali dengan perhitungan panjang kelas interval yang diperoleh pada pengukurankuantitas peralatan, kedua melakukan pengukuran kualiatas peralatan, ketiga melakukan pengukurankualiatas pelayanan, dan ke empat pengukuran kepuasan mahasiswa pada bengkel praktik otomotif di Universitas Negeri Malang.

Hasil dari penelitian ini yaitu 1)tingkat persepsi mahasiswa terhadap kuantitas peralatan bengkel praktik yang sangat cukup berjumlah 1 orang (1%), cukup berjumlah 42 orang (48%), kurang cukup berjumlah 41 orang (47%) dan tidak cukup 3 orang (4%). Dari beberapa kategori dapat diketahui sebagian besar persepsi mahasiswa terhadap kuantitas peralatan bengkel praktik di Universitas Negeri Malang terbilang cukup; 2) tingkat persepsi mahasiswa terhadap kualitas peralatan bengkel praktik yang baik berjumlah 2 orang (2%), cukup baik berjumlah 39 orang (45%), kurang baik berjumlah 40 orang (46%) dan tidak baik 6 orang (7%). Dari beberapa kategori dapat diketahui sebagian besar persepsi mahasiswa terhadap kualitas peralatan bengkel praktik di Universitas Negeri Malang kurang baik; 3) diperoleh tingkat persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan bengkel praktik yang baik berjumlah 2 orang (2%), cukup baik berjumlah 46 orang (53%), kurang baik berjumlah 31 orang (36%) dan tidak baik 8 orang (9%). Dari kategoritersebut dapat diketahui sebagian besar persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan bengkel praktik di Universitas Negeri Malang cukup baik; dan 4) tingkat persepsi kepuasan mahasiswa bengkel praktik yang memuaskan berjumlah 1 orang (1%), cukup memuaskan berjumlah 35 orang (40%), kurang memuaskan berjumlah 47 orang (54%) dan tidak memuaskan 4 orang (5%). Dari beberapa kategori dapat diketahui sebagian besar persepsi mahasiswa terhadap kepuasan mahasiswa bengkel praktik di Universitas Negeri Malang kurang memuaskan.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikemukakan saran-saran yang nantinya dapat menjadikan bahan pertimbangan sebagai berikut: (1) Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi dan masukan untuk memperdalam pengetahuan dan rujukan dalam mendalami kajian tentang pentingnya kepuasan mahasiswa; (2)dapat menjadi evaluasi dan motivasi untuk Jajaran fungsionaris jurusan (dosen dan karyawan Jurusan Teknik Mesin FT UM) dalam meningkatkan kinerja pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa; dan (3)Untuk peneliti lain yang akan melakukan penelitian yang sama terkait dengan kepuasan terhadap bengkel praktik otomotif, lebih baik jika menambah atau mengganti variabel diluar penelitian ini.