SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Pembelajaran Kolaboratif dan Bakat Mekanik Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 6 Malang

Muhammad Faqih Ardiansyah

Abstrak


ABSTRACT

 

Ardiansyah, Muhammad, Faqih. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Kolaboratif dan Bakat Mekanik terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yoto, S.T., M.Pd., M.M, (II) Drs Sumarli, M.Pd., M.T.

 

Kata Kunci: pembelajaran kolaboratif, bakat mekanik, prestasi belajar

 

Pada peserta didik banyak aspek yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya adalah metode pembelajaran yang diberikan oleh guru. Dalam kondisi pembelajaran sekarang kebanyakan guru masih menggunakan metode pembelajaran demonstrasi, dimana model pembelajaran tersebut masih kurang bisa maksimal dalam peningkatan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran kolaboratif mengarahkan siswa agar bisa berfikir kritis dan bisa saling bekerja sama mengembangkan pengetahuan akademik maupun non akademik yang dimiliki masing-masing siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antara metode pembelajaran kolaboratif dan bakat mekanik siswa terhadap prestasi belajar siswa ketika berada di sekolah.     

Pada penelitian ini menggunakan model penelitian eksperimental semu  dengan rancangan faktorial 2x4. Subjek penelitian ini berjumlah 69 siswa, dengan kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 34 siswa, kemudian kelas X TKR 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Bakat mekanik siswa diperoleh melalui prates pada awal penelitian dan prestasi belajar siswa didapat setelah dilakukan postes. Instrumen penelitian yang digunkan adalah multiple choice. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics versi 23 for windows. Teknik analisis menggunakan Two Way ANOVA.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh metode pembelajaran kolaboratif terhadap prestasi belajar siswa, (2) terdapat pengaruh bakat mekanik terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kolaboratif dan bakat mekanik terhadap prestasi belajar.

Berdasarkan hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa metode pembelajaran kolaboratif tidak memiliki pengaruh antara bakat mekanik dan prestasi belajar siswa, sehingga meskipun siswa yang memiliki bakat mekanik rendah bisa memperoleh peningkatan prestasi belajar menggunakan metode pembelajaran kolaboratif. Kemudian saran kepada guru diusahakan lebih sering memberikan metode pembelajaran baru sehingga siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga prestasi belajar yang dimiliki siswa bisa meningkat.