SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI KELENGKAPAN DAN KELAYAKAN PERALATAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA LABORATURIUM JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

maulana sulton

Abstrak


ABSTRACT

 

Sulton,Maulana. 2017. Studi Kelengkapan dan Kelayakan Peralatan Kesehatan Kerja pada Laboratorium Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

 

Pembimbing: (I) Drs. Solichin, M.Kes. (II) Drs. Imam Sudjono, M.T.

 

Kata Kunci: Studi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Laboratorium.

 

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) adalah suatu aspek atau unsur kesehatan yang erat hubungannya dengan lingkungan kerja dan pekerjaan. Pelaksanaan K3 menjadi tanggung jawab semua pihak, khususnya masyarakat industri, dengan demikian semua pihak yang terkait berkewajiban berperan aktif sesuai fungsi dan kewenangannya untuk melakukan berbagai upaya dibidang K3 secara terus menerus, berkesinambungan dan menjadikan K3 sebagai bagian budaya kerja disetiap kegiatan, sehingga dapat mencegah kasus kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Untuk itu diperlukan tenaga pendukung yang kompeten yaitu sumber daya manusia yang handal dan berkualitas di bidang K3, sehingga dapat segera dicapai hasil yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada laboratorium pengelasan teknik mesin Universitas Negeri Malang dan mengupayakan pemecahan masalah terhadap faktor penghambat dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti merupakan satu-satunya pengumpul data yang melakukan sendiri prosedur pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data pada penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini dilakukan di workshop pengelasan teknik mesin Universitas Negeri Malang.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Masih ditemukan kondisi dimana aspek-aspek keselamatan dan kesehatan kerja belum memenuhi ketentuan dan perlu ada perbaikan. (2)Jurusan Teknik Mesin UM sudah berusaha untuk menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) meskipun masih ada kekurangan yang harus diperbaiki. Penerapan K3 pada Laboratorium pengelasan diantaranya yaitu: adanya tata tertib Laboratorium, menyampaikan pengantar K3, memasukkan K3 dalam penilaian hasil belajar, disediakannya APD untuk kegiatan praktik tertentu, adanya alat pemadam api ringan, disediakannya kotak PPPK dan isinya, poster tentang K3 di tempat tertentu. (3) Faktor-faktor yang menghambat dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja yaitu Kurangnya kesadaran mahasiswa akan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja. Kurangnya rambu-rambu terkait K3, Ventilasi tidak optimal, Adanya mesin yang tidak terpakai dan dibiarkan didalam bengkel pengelasan sehingga ruang gerak berkurang, Garis demarkasi (pembatas) tidak ada. (4) Upaya yang dilakukan jurusan untuk mengurangi faktor penghambat dalam penerapan K3 yaitu: Melakukan penggantian alat pelindung diri yang sudah rusak, Melakukan pengawasan pada saat praktik di laboratorium, Pada laboratorium Pengelasan telah dipasang ventilasi buatan, Adanya peraturan yang melarang untuk tidak parkir di dalam Laboratorium atau di depan pintu masuk laboratorium.