SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI KELENGKAPAN DAN KELAYAKAN PERALATAN PRAKTIK PADALABORATORIUM JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTASTEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Rizka Ferri Admawan

Abstrak


Kelengkapan peralatan praktik memiliki peranan yang sangat penting, karena dengan lengkapnya fasilitas belajar akan menunjang kebutuhan yang diperlukan mahasiswa. Selain itu proses praktikum di Laboratorium akan berjalan sesuai dengan sebagaimana mestinya, karena dengan lengkapnya peralatanpraktik yang digunakan akan mempermudah penjelasan dan pemahaman, dan peralatanpraktik bisa dikatakan lengkap apabilamemenuhikebutuhan minimal dariperalatan praktik yang dibutuhkan Laboratorium  Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang untukmelakukankegiatanpraktik.Suatu alat atau disebut sarana dan prasarana sekolah dikatakan layak, atau pantas semestinya harus memiliki sarana dan prasarana yang tidak merugikan pihak sekolah seperti yang dijelaskan sebelumnya. Dikatakan layak tidak hanya dilihat dari segi jumlah peralatan, akan tetapi dilihat juga segi perawatan dan pengoperasian hasil pengerjaan yang tepat. Laboratorium merupakan tempat untuk pembelajaran secara praktik yang memerlukan peralatan khusus.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Padapenelitianini, penelitimerupakansatu-satunyapengumpul data yang melakukansendiriprosedurpengumpulan data. Pengumpulan data dilakukandenganteknikwawancaraobservasi, dandokumentasi. Proses analisis data padapenelitianinimeliputipengumpulan data, reduksi data, sajian data, danverivikasi data. Penelitianinidilakukan di workshopteknikmesinUniversitasNegeri Malang.

Hasil observasi ditemukan 1) Secara umum kondisi APD yang disediakan adalah layak pakai. APD yang disediakanpihak jurusanadalahtopenglas,kacamatalasasetilen, kacamatalaslistrik, apron, pelindunglengan, sarungtanganlas, dan helm. APD yang paling sering mengalami kerusakan adalah apron, pelindung lengan dan sarung tangan. Pada Bilik Las atau Kamar Las pada laboratorium pengelasan sudah baik tapi belum ada tirai penutup. 2) Peralatanpraktikpengelasan teknikmesinsudahcukupterpenuhi, akantetapiterdapatbeberapaalatyang tersediatidak berfungsi sebagaimana mestinya serta ada yang mengalami kerusakan sehingga perlu dilakukan tindak lanjut oleh pihak yang laboran. 3) Peralatanpraktikpengelasan teknikmesinsudahcukuplayak, akantetapiterdapatkerusakantang las pada las smaw dan tangkai las MIG sehingga perlu dilakukan tindak lanjut oleh pihak laboran.