SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi Tentang Konstruksi dan Cara Kerja Mesin 4 Tak pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Woja Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat.

Al Adhar Teguh Laksana

Abstrak


ABSTRAK
Laksana, Al Adhar Teguh. 2010. Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap
Peningkatan Hasil Belajar Materi Tentang Konstruksi dan Cara Kerja
Mesin 4 Tak pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Otomotif di SMK Negeri
1 Woja Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Sunomo, M.Pd, (II)
Drs. Sumarli, M.Pd., M.T.
Kata kunci: media gambar, media animasi, hasil belajar.
Model pembelajaran yang diterapkan di SMK N 1 Woja Kabupaten
Dompu Nusa Tenggara Barat sampai sekarang ini masih menggunakan metode
ceramah dan metode demontrasi, sedangkan media pembelajarannya adalah
media gambar. Siswa yang diajar menggunakan media gambar seperti ini dinilai
kurang mampu memahami maksud dari gambar yang bersifat kompleks,
khususnya gambar yang menunjukkan sebuah peristiwa yang tidak dapat dilihat
secara langsung. Penggunaan media animasi diharapkan dapat mengatasi
kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam memahami prinsip kerja
mesin 4 tak maupun cara kerja komponen-komponen utama yang terdapat dalam
mesin tersebut.
Penelitian ini selain bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar antara
kelompok siswa yang diajar dengan media gambar dan kelompok siswa yang
diajar dengan media animasi, juga untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil
belajar kompetensi konstruksi dan cara kerja mesin 4 tak antara kelompok siswa
yang diajar dengan media gambar dan kelompok siswa yang diajar dengan media
animasi.
Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design, karena desain ini
memiliki banyak desain bila dilihat subjek yang akan diteliti, maka secara khusus
desain dalam penelitian ini menggunakan desain Pre-test and Post-test Group.
Subjek dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas X jurusan Teknik Otomotif
yang berjumlah 40 siswa. Hasil belajar diambil dari hasil pre-tes dan post-test.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 65% siswa yang diajar mengguna-
kan media animasi berhasil memperoleh hasil belajar secara maksimal dengan
rentangan skor 81-100. Sedangkan siswa yang diajar menggunakan media gambar
hanya berjumlah 10%. Dari hasil analisis diketahui bahwa ada perbedaan hasil
belajar untuk taraf signifikansi (α = 0,05) antara dua kelompok tersebut. Dengan
demikian penggunaan media animasi berpengaruh secara signifikan terhadap
peningkatan hasil belajar materi tentang konstruksi dan cara kerja mesin 4 tak.
Melihat adanya pengaruh positif dari penggunaan media animasi.
Disarankan guru hendaknya menerapkan media animasi sebagai alat bantu dalam
proses pembelajaran yang materinya membahas suatu peristiwa atau proses kerja
dari sebuah mesin yang tidak bisa dilihat secara langsung.