SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Berformat APK Perbaikan Sistem Rem Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang

Findy Arya Kusuma

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusuma, Findy Arya 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Berformat APK  Perbaikan Sistem Rem Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E., M.Pd., M.M.,  (II) Drs. H. Sumarli, M.Pd., M.T.

 

Kata Kunci: pengembangan media, aplikasi android, sistem rem, teknik kendaraan ringan

 Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat        disediakan oleh sekolah. Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan. Seiring perkembangan teknologi dibidang komunikasi khususnya smartphone yang mulai merambah di kalangan pelajar yang, maka peneliti mengambangkan media pembelajaran aplikasi android sistem rem berformat APK dengan tujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa aplikasi android Sistem rem yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar bagi siswa SMK.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti model pengembangan ADDIE dengan tahapan Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi) .Analisis dimaksudkan untuk mengetahui adanya kebutuhan program media pembelajaran aplikasi sistem rem untuk melatih kemampuan siswa. Langkah selanjutnya adalah mendesain program aplikasi android sistem rem yang disesuaikan dengan standar isi pada materi sistem rem. Selanjutnya pada tahap pengembangan yaitu mewujudkan desain yang telah dibuat menjadi satu produk yang siap digunakan. Setelah produk sudah jadi, produk yang berupa aplikasi sistem rem android di implementasikan pada ahli materi, ahli media dan siswa yang selajutnya pada tahap terakhir dilakukan evaluasi.

 

Kelayakan aplikasi Sistem rem APK berbasis Android pada materi Sistem rem berdasarkan penilaian ahli media keseluruhan aspek indikator mendapatkan nilai rata rata 3.81 dengan nilai rata-rata maksimal 4.00, jika di persentase mendapatkan nilai 95.31%, hal ini menunjukkan bahwa media dari aspek keseluruhan berdasarkan persentase berada pada kategori menarik  untuk dijadikan media pembelajaran sistem rem. Kelayakan aplikasi sistem rem APK berbasis Android pada materi sistem rem berdasarkan penilaian ahli materi keseluruhan aspek mendapatkan mendapatkan nilai rata rata 3.63 dengan nilai rata-rata maksimal 4.00, jika dipersentasekan media mendapatkan nilai 90.06%, hal ini menunjukkan bahwa media dari aspek keseluruhan berdasarkan persentase berada pada kategori menarik untuk dijadikan media pembelajaran sistem rem Ujicoba dilakukan di SMKN 11 Malang oleh 33 siswa. Dari aspek kemenarikan mendapatkan respon menarik dengan persentase ≥ 90%. Dari aspek keterbacaan mendapatkan respon cukup menarik dengan persentase ≥ 70%. Dari aspek kemudahan mengoperasikan mendapatkan respon menarik dengan persentase ≥ 90%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sistem rem dikemas dengan menarik, mudah dibaca dan mudah untuk dioperasikan.