SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar antara Mahasiswa Bidikmisi dengan Mahasiswa Non Bidikmisi Prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Rohman Taufik

Abstrak


ABSTRAK

 

Taufik, Rohman. 2017. Perbedaan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar antara Mahasiswa Bidikmisi dengan Mahasiswa Non Bidikmisi Prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Partono, M.Pd., (II) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E., M.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: bidikmisi, non bidikmisi, motivasi belajar, prestasi belajar

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Latar belakang mahasiswa bidikmisi dengan mahasiswa non bidikmisi membuat adanya perbedaan antara motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa bidikmisi dengan mahasiswa non bidikmisi tersebut.

Tujuan penelitian ini ialah (1) mengetahui seberapa besar motivasi belajar mahasiswa bidikmisi dan mahasiswa non bidikmisi dari masing–masing angkatan maupun secara keseluruhan; (2) menguji signifikansi perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajar antara Mahasiswa Bidikmisi dari masing–masing angkatan dan mahasiswa non bidikmisi dari masing–masing angkatan; (3) menguji signifikansi perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajar antara mahasiswa non bidikmisi dari masing–masing angkatan; (4) menguji signifikansi perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajar antara Mahasiswa Bidikmisi dengan mahasiswa non bidikmisi secara keseluruhan.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif komparatif untuk membandingkan motivasi belajar dan prestasi belajar antara mahasiswa bidikmisi dengan mahasiswa non bidikmisi pada Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Sampel penelitian ini berjumlah 154 mahasiswa yang terdiri dari 77 mahasiswa bidikmisi dan 77 mahasiswa non bidikmisi dengan metode Proporsional Random Sampling. Pengambilan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji analisis deskriptif, uji One Way Anova dan uji t dengan bantuan SPSS 17.0 For Windows.

 

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Mahasiswa bidikmisi angkatan 2013 memiliki motivasi belajar rendah, angkatan 2014 dan 2016 memiliki motivasi belajar sangat tinggi, sedangkan angkatan 2015 memiliki motivasi belajar sedang; (2) Mahasiswa non bidikmisi angkatan 2013 dan 2016 memiliki motivasi belajar sedang , angkatan 2014 memiliki motivasi belajar sangat tinggi, sedangkan angkatan 2015 memiliki motivasi belajar rendah; (3) Motivasi belajar mahasiswa bidikmisi berada pada kategori sedang, sedangkan mahasiswa non bidikmisi berada pada kategori rendah; (4) Mahasiswa  bidikmisi angkatan 2013 dan 2015 memiliki prestasi belajar sedang, sedangkan angkatan 2014 dan 2016 memiliki prestasi belajar sangat tinggi; (5) Mahasiswa non bidikmisi angkatan 2013 memiliki prestasi belajar tinggi, angkatan 2014 dan 2016 memiliki prestasi belajar sangat tinggi,sedangkan angkatan 2015 memiliki prestasi belajar sedang; (6) Prestasi belajar mahasiswa bidikmisi dan mahasiswa non bidikmisi sama–sama berada pada kategori tinggi; (7)Tidak ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara mahasiswa bidikmisi angkatan 2013, angkatan 2014, angkatan 2015 dan angkatan 2016; (8) Tidak ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara mahasiswa non bidikmisi angkatan 2013, angkatan 2014, angkatan 2015 dan angkatan 2016; (9) Ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara mahasiswa bidikmisi angkatan 2013, angkatan 2014, angkatan 2015 dan angkatan 2016; (10) Ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara mahasiswa non bidikmisi angkatan 2013, angkatan 2014, angkatan 2015 dan angkatan 2016; (11) Ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara mahasiswa bidikmisi dengan mahasiswa non bidikmisi; (12) Ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara mahasiswa bidikmisi dengan mahasiswa non bidikmisi.