SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH VARIASI ARUS LISTRIK TERHADAP KEKERASAN DAN KEKASARAN PERMUKAAN PADA PELAPISAN 95MXC PADA BAJA St 41 MENGGUNAKAN METODE WIRE ARC SPRAY COATING

Ardhika Yudhistantra

Abstrak


ABSTRAK

 

Wire arc spray coating adalah metode yang banyak dikembangkan karena dirasa lebih efisien dan biaya oprasional dalam rekondisi, perlindungan korosi, panas, atau modifikasi permukaan dengan cara melapisi dengan material lain dengan sistem dispray (disemprotkan). Wire arc spray coating memanfaatkan arus listrik kutub positif (+) dan kutub negatif (-).Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mengetahui nilai kekerasan pada pelapisan 95MXC dengan kuat arus 140A, 155A, 170A, dan 180A pada metode wire arc spray coating; (2) mengetahui nilaikerataan pada pelapisan 95MXC dengan kuat arus 140A, 155A, 170A, dan 180A pada metode wire arc spray coating.

Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental. Pembuatan specimen dilakukan diPT TUNAS HARAPAN ENGINEERING sedangkanpengujiandilakukan di laboratorium TeknikUniversitasBrawijayadanUniversitasNegeri Malang.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasional. Data hasil uji kekerasan yang berupa nilai rerata ditampilkan dalam bentuk tabel, dan histogram. Pengamatan kerataan permukaan menggunakan alat ukur kerataan surface rougness tester.

 

Nilaikekerasan yang setelah proses wire arc spray coatingdenganbahanpelapis95MXCmendapatnilaikekerasantertinggipadaarus 170 A  yaknidengannilaikekerasan 523.23 HV dannilaikekerasan paling rendahberadapadaarus 140 A yaknidengannilaikekerasan 307.67 HV. Nilaikekasaranpermukaan yang telah di dapatdengantingkatansangathaluspadaarus 140 A,7,87 µm dan yang paling kasaradalah 170 A, 7,87 µm.