SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Pegas Katup Standart dan Pegas Katup Racing pada Jupiter Z terhadap Daya dan Akselarasi Kendaraan

Budi Yanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Budiyanto. 2017.Pengaruh Penggunaan Pegas Katup Standart dan Pegas Katup Racing pada Jupiter Z terhadap Daya dan Akselerasi Kendaraan. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sumarli, M.Pd. M.T., (II) Drs. Paryono, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: pegas katup standart, pegas katup racing, daya , akselerasi, Yamaha Jupiter Z 2008

Pegas katup adalah salah satu komponen mekanisme katup yang berperan penting untuk proses pembakaran pada ruang bakar yang prinsip kerjanya adalah dengan mengembalikan/menekan katup agar cepat menutup dengan rapat. Semakin cepat katup menutup maka akan semakin cepat pula proses pembakaran dan akan menghasilkan tenaga yang maksimal.

Penelitianini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Pegas Katup Standart dan Pegas Katup Racing Pada Jupiter Z Terhadap Daya dan Akselerasi Kendaraan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan pegas katup standart dan pegas katup racing, sedangkan variabel terikat dalam penelitian yaitu konsumsi daya dan akselerasi kendaraan. Pengambilan data dilakukan sebanyak 5 kali pada setiap putaran mesin yang uji yaitu 3500 rpm sampai 9000 rpm dengan tahap kenaikan 500 rpm. Uji hipotesis dilakukan menggunakan metode statistik parametrik Paired Sample T Test dengan uji prasyarat berupa uji normalitas data menggunakan Kolmogrov Smirnov Test.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh daya sepeda motor terendah yang dihasilkan pada pemasangan pegas katup racing pada putaran 3500 rpm dengan hasil 5492 Hp dan daya sepeda motor tertinggi yang dihasilkan pada pemasangan pegas katup racing pada putaran 7500 rpm mencapai 11072 Hp. Sedangkan akselerasi sepeda motor tertinggi yang dihasilkan pada pemasangan pegas katup racing pada putaran 4500 rpm dengan hasil 1,28 m/ dan akselerasi sepeda motor terendah yang dihasilkan pada pemasangan pegas katup racing pada putaran 9000 rpm dengan hasil 0,73 m/.

 

Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatpengaruhatauperbedaan yang signifikanpadadayadanakselerasimesin Jupiter Z terhadapvariasipenggunaanpegaskatupstandartdanpegaskatup racing. Disarankan agar padapenelitianberikutnyamenggunakanbeberapamacampegaskatupsepertipegaskatupbiasa, pegaskatupstandartdanbeberapamacampegaskatup racing agar hasilpenelitian yang dilakukanlebihluas.