SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HAMBATAN BELAJAR SISWA DALAM PRAKTIKUM TUNE UP PADA KOMPETENSI KEJURUAN ENGINE KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI SMKN 10 MALANG

Verri Ariwahyudi

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan belajar siswa pada praktikum tune-up kompetensi kejuruan engine kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan. Hambatan belajar dikategorikan ke dalam hambatan belajar intern dan hambatan belajar ekstern. Hambatan belajar intern dibedakan menjadi faktor fisiologis dan faktor psikologis sedangkan hambatan belajar ekstern dikategorikan dalam faktor keluarga, sekolah, dan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah 100 siswa SMKN 10 Malang kelas XI.

Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan melakukan uji coba angket terhadap 25 subjek. Hasil uji coba dianalisis validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan software SPSS untuk mengetahui variabel yang valid yang dapat digunakan untuk memperoleh data selama penelitian. Variabel yang valid dikelompokkan dan yang tidak valid tidak disertakan pada angket yang dibagikan terhadap 100 siswa yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian diperiksa agar dapat ditentukan frekuensi hambatan masing-masing variabel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor fisiologis hambatan belajar siswa adalah karena siswa mudah gugup ketika melakukan praktik, (2) faktor psikologis hambatan belajar yang paling sering dialami siswa adalah karena siswa tidak suka membaca buku-buku yang berhubungan dengan dunia otomotif,

 

(3) faktor keluarga hambatan belajar siswa yaitu karena orang tua siswa tidak memotivasi untuk belajar, (4) faktor sekolah hambatan belajar siswa adalah karena laboratorium siswa tidak terawat dengan baik dan (5) faktor masyarakat yang paling sering dialami oleh siswa adalah tidak ada teman sebaya yang menggeluti bidang otomotif .