SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Latar Belakang Pendidikan, Minat Terhadap Profesi Guru, Kemanfaatan Ospek, Kegiatan Organisasi, dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Otomotif

SATRIYO PANUJU

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menguji kualifikasi latar belakang pendidikan, minat terhadap profesi guru, kemanfaatan ospek, kegiatan organisasi, dan hasil belajar mahasiswa pendidikan otomotif Universitas Negeri Malang, (2) untuk menguji signifikansi hubungan antara latar belakang pendidikan dan hasil belajar, (3) untuk menguji signifikansi hubungan antara minat terhadap profesi guru dan hasil belajar, (4) untuk menguji signifikansi hubungan antara kemanfaatan ospek dan hasil belajar, (5) untuk menguji signifikansi hubungan antara kegiatan organisasi dan hasil belajar, (6) untuk menguji signifikansi hubungan antara latar belakang pendidikan, minat terhadap profesi guru, kemanfaatan ospek, kegiatan organisasi, dan hasil belajar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan subjek mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang angkatan 2015 sebanyak 79 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling menggunakan simple random sampling yang dilakukan dengan cara undian pada semua anggota populasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik Analisis Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut.

Pertama, tidak ada hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan dengan hasil belajar (koefisien korelasi -0,009 dan sign. 0,468). Tidak ada perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMK dan non – SMK di jurusan Pendidi-kan Otomotif Universitas Negeri Malang. Kedua, tidak ada hubungan yang signifikan antara minat terhadap profesi guru dengan hasil belajar (koefisien korelasi 0,030 dan sign. 0,397). Tidak ada perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang mempunyai minat terhadap profesi guru tinggi dan rendah di jurusan Pendidikan Otomotif Universitas Negeri Malang. Ketiga, tidak ada hubungan yang signifikan antara kemanfaatan ospek dengan hasil belajar (koefisien korelasi 0,180 dan sign. 0,056). Tidak ada perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang mempunyai kemanfaatan ospek tinggi dan rendah di jurusan Pendidikan Otomotif Universitas Negeri Malang. Keempat, tidak ada hubungan yang signifikan antara kegiatan organisasi dengan hasil belajar (koefisien korelasi 0,025 dan sign. 0,413). Tidak ada perbedaan hasil belajat antara mahasiswa yang mempunyai kegiatan organisasi tinggi dan rendah di jurusan Pendidikan Otomotif Universitas Negeri Malang. Kelima, tidak ada hubungan yang signifikan secara bersama – sama latar belakang pendidikan, minat terhadap profesi guru, kemanfaatan ospek, kegiatan organisasi, dan hasil belajar (Fhitung 0,761 dan sign. 0,554) Tidak ada perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMK dan non – SMK, mahasiswa yang mempunyai minat terhadap profesi guru tinggi dan rendah, mahasiswa yang mempunyai kemanfaatan ospek tinggi dan rendah, mahasiswa yang mempunyai kegiatan organisasi tinggi dan rendah di jurusan Pendidikan Otomotif Universitas Negeri Malang.