SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU, FASILITAS BELAJAR, DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA KELAS XI PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK TEKSTIL PANDAAN

abas arianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Arianto, Abas. 2016.Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru, Fasilitas Belajar, Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Kelistrikan Otomotif Siswa Kelas XI Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Tekstil Pandaan. Skripsi, Program Studi Teknik Otomotif,Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd.,Pembimbing (II) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E., M.Pd., M.M.

 

Kata kunci: Prestasi Belajar, Persepsi, Kinerja Guru, Fasilitas Belajar, Motivasi Berprestasi

Prestasi belajar siswa merupakan hasil dari aktifitas pembelajaran. Secara garis besar ada dua faktor yang menentukan prestasi belajar, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor kinerja guru, fasilitas belajar, dan faktor motivasi berprestasi siswa merupakan perpaduan dari faktor eksternal dan internal yang fungsinya sangat penting dalam perkembangan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kinerja guru, fasilitas belajar, dan motivasi berprestasi siswa dengan prestasi belajar kelistrikan otomotif siswa kelas XI Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Tekstil Pandaan.

Penelitian ini dilakukan di SMK Tekstil Pandaan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR dengan rincian seluruh siswa kelas XI TKR 1, XI TKR 2, dan XI TKR 3 sebagai subyek penelitian sedangkan siswa kelas XI TKR 4 sebagai subyek uji coba instrumen penelitian. Data diambil dengan cara dokumentasi dan kuisioner yang dianalisis dengan teknik korelasional.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kinerja guru dengan prestasi belajar kelistrikan otomotif siswa kelas XI Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Tekstil Pandaan. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang fasilitas belajar dengan prestasi belajar kelistrikan otomotif siswa kelas XI Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Tekstil Pandaan. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antaramotivasi berprestasi dengan prestasi belajar kelistrikan otomotif siswa kelas XI Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Tekstil Pandaan. (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antarapersepsi siswa tentang kinerja guru, fasilitas belajar, dan motivasi berprestasi siswa dengan prestasi belajar kelistrikan otomotif siswa kelas XI Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Tekstil Pandaan.Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian mengenai faktor-faktor lain yang dapat menunjang prestasi belajar siswa.