SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UJI BANDING RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT DI KELAS XI SMKN 1 TRENGGALEK

eko nur hadiansah

Abstrak


Metodepembelajaranmerupakansebuahpengetahuantentangcara-caramengajar yang dipergunakanoleh guru atauinstruktur.Didalamsebuahmetodepembelajaranterdapatbanyaktipepembelajaran yang dapatmeningkatkankeefektifan proses belajar. Pemilihan model pembelajaran yang efektifharus di sesuaikandengankarakteristikmatapelajaran.Penelitianinidilakukanuntukmembandingkanpenggunaan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL) dan model pembelajaranlangsung (MPL) dalammatapelajaranteknikpemesinanbubut.Apabiladalamsebuah proses pembelajarandilakukandenganmenggunakan model pembelajaran yang tepatmakadapatdiindikasikanhasilbelajartercapaimaksimal.

            Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarasiswa yang diajardenganmenggunakan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL) dan model pembelajaranlangsung (MPL) padamatapelajaranteknikpemesinanbubutdanuntukmenghasilkanprodukberuparencanapelaksanaanpembelajaran yang efektifdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.

            Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemu (quasy experimental design).Subyekpadapenelitianiniyaitukelas XI TPm 1 sebagaikelaskontroldenganmenggunakan model pembelajaranlangsung (MPL) dankelasTPm 3 sebagaikelaseksperimendenganmenggunakan model pembelajaranproblem based learning (PBL). Pemilihansubyekpenelitianinimenggunakancaraassignment random samplingatausistemacak. Penelitianiniterdapatempat data kuantitatifyaitupre-testkelaseksperimen, pre-testkelaskontrol, post-testkelaseksperimen, danpost-testkelaskontrol. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakansoalpre-testdanpost-testpilihangandadanteknikanalisismenggunakanbantuan SPSS 22.

            Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarantarasiswa yang di ajarmenggunakan model pembelajaranproblem based learningdan model pembelajaranlangsungpadamatapelajaranteknikpemesinanbubut. Perbedaansignifikanterdapatpadapenerapan model pembelajaranproblem based learning, dimanakemampuanawalsiswadengan rata-rata 57,92meningkatmenjadi 74,17 denganpersentasepeningkatan 16,25%. Perbedaan lain terdapatpadakeaktifansiswa di dalamkelas, bagaimanasiswamencariinformasisecaraindividudansalingberinteraksidenganteman lain.