SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Minat Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk Melanjutkan ke Sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Malang

Teguh Raharja

Abstrak


Kata kunci:    Minat siswa, Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

 

Perkembangan pendidikan di Indonesia pada pendidikan tingkat menengah sekarang ini lebih diarahkan ke sekolah-sekolah kejuruan. Hal ini dapat dilihat melalui program pemerintah yaitu memperbanyak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sehingga jumlahnya mencapai target 70:30 jika dibandingkan dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Jumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang banyak tak ada artinya jika siswa-siswi lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tidak memiliki minat untuk melanjutkan ke SMK.

Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui seberapa besar minat siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Malang untuk melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Selain itu peneliti juga ingin mengetahui jurusan yang paling diminati para siswa jika sudah masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Arikunto (2006:12) menyatakan penelitian Kuantitatif sesuai dengan namanya, banyak dituntut menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya.

Hasil penelitian ini didapatkan bahwa minat terbesar untuk masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) reguler yang terdiri dari SMP negeri yang belum mendapat status SSN atau pun SBI sebesar 80,79 % dan SMP swasta sebesar 68,45 %. selanjutnya disusul Sekolah Menengah Pertama (SMP) SSN sebesar 52,30 % dan yang terakhir adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) SBI/RSBI sebesar     30,52 %. Sehingga didapat kesimpulan bahwa “Semakin tinggi status Sekolah Menengah Pertama (SMP) maka semakin rendah minat siswanya untuk melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan semakin rendah status Sekolah Menengah Pertama (SMP) maka semakin tinggi minat siswanya untuk melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)”.

Jurusan yang menjadi favorit bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berminat melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Malang secara urutan dimulai dari yang paling diminati yaitu sebagai berikut: (1) Kelompok Jurusan Teknologi, (2) Kelompok Jurusan Pariwisata dan Perhotelan, (3) Kelompok Jurusan Bisnis dan Manajemen, (4) Kelompok Jurusan Kesehatan dan (5) Kelompok Jurusan Pertanian dan Peternakan.