SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang Pengelolaan Unit Produksi Bidang Pemesinan SMK Negeri 1 Blitar

Idris Armadani Sadikin

Abstrak


ABSTRAK

 

Sekolah menengah kejuruan sebagai lembaga pendidikan pencetak tenaga kerja yang terampil untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha/dunia industri, selalu berusaha menyesuaikan keterampilan yang dimiliki lulusannya dengan kebutuhan industri. Salah satu diantaranya dengan membiasakan siswa melaksanakan praktik produktif pada Unit Produksi di sekolah. Upaya sekolah untuk menyelenggarakan Unit produksi ini berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 0490/U/1992 Tahun 1993.

Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus. Dalam memaparkan data hasil penelitian, penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif (menggambarkan) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Blitar. Sumber data utama dalam penelitian ini ialah kata-kata, dan tindakanyang di dapat dari informan melalui wawancara, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga kredibilitas penelitian, dilakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member check. Adapun tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap evaluasi dan pelaporan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Unit Produksi berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 0490/U/1992 Tahun 1993; tujuan awal pembentukan Unit Produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan warga sekolah; sistem manajerial yang direncanakan adalah dikelola oleh guru produktif bidang pemesinan; (2) Guru produktif yang terlibat dalam pengelolaan Unit Produksi tertera dalam struktur organisasi yang telah disusun oleh manajemen Unit Produksi; (3) Keterlibatan siswa dalam kegiatann Unit Produksi Bidang Pemesinan SMK Negeri 1 Blitar adalah sebagai pelaksana, tidak ada siswa yang terlibat dalam pengelolaan Unit Produksi; (4) Hubungan yang terjalin antara Unit Produksi Bidang Pemesinan SMK Negeri 1 Blitar dengan dunia industri adalah hubungan yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak; (5) Faktor yang mendukung dalam pelaksanaan Unit Produksi adalah dukungan sekolah yang sangat baik terhadap penyelenggaraan Unit Produksi, guru yang kompeten, siswa yang antusias, serta sarana dan prasarana yang sangat menunjang; Faktor yang menghambat dalam pengelolaan dan pelaksanaan Unit Produksi adalah waktu dan ketersediaan sumber daya manusia.