SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Teknik Pengecoran Aluminium di Desa Mayangan Kota Pasuruan untuk Pengembangan Perkuliahan Pengecoran Logam Di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang.

Zainul Abidin Arrosyid

Abstrak


ABSTRAK

 

Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang yang dipersiapkan menjadi tenaga pengajar yang profesional.Di laboratorium Universitas Negeri Malang ada mata kuliah pengecoran logam menggunakan aluminium, akan tetapi cetakan yang digunakan masih menggunakan cetakan pasir silica yang hanya digunakan sekali cetak dan hasilnya masih kurang memuaskan. Sementar di desa Mayangan Kota Pasuruan yang sudah menggunakan cetakan permanen dan hasilnya sudah berkualitas nasional serta proses pengerjaannya yang sangat cepat dalam pengecoran logam.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis aluminium yang dipakai serta tahapan-tahapan pengecoran logam alumunium di Home Industri di Kelurahan Mayangan Pasuruan, serta pengembangan perkuliahan pengecoran logam Jurusan Teknik Mesin di Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini dilakukan di Home Industri Mayangan Pasuruan. Alasan pemilihan tempat ini karena home industri di Mayangan Pasuruan ini sudah terkenal dan produksi yang dihasilkan mempunyai kualitas bagus. Selain itu pemasaran produk ini sudah sampai ke luar pulau Jawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah pemilik home industri pengecoran di Kelurahan Mayangan Pasuruan dan karyawan. Lokasi penelitian ini dilakukan di home industri pengecorandi Kelurahan Mayangan Pasuruan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan dan verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (A) Jenis aluminium yang dipakai dalam pengecoran logam di Kelurahan Mayangan Kota Pasuruan adalah aluminium bekas(B) Tahap-tahap proses pengecoran logam aluminium yang berada di desa Mayangan Kota Pasuruan(1) pemilihan bahan baku, (2) peleburan, (3) penuangan ke dalam cetakan, (4) pembubutan dan pemotongan, (5) pemolesan, dan (6) finishing, (C) Pengembangan Materi Mangacu pada (1) mengetahui material dan kemampuan proses, (2) memahamidasar-dasar pengecoran logam. Adapun deskripsi yang ada dalam mata kuliah pengecoran logamantaralain: (1) mengetahui material logam dan kemampuan prosesnya, (2)mengenal materi bukan logam dan kemampuan prosesnya, (3) mengetahuipersyaratan dan perencanaan tuangan, (4) memahami pembuatan model/pola, (5)mengetahui prosedur pengujian/menganalisnis pasir cetak, (6) mengetahui carapembuatan cetakan, (7) mengetahui cara mengoperasikan dapur pelebur, (8)melakukan proses peleburan dan penuangan ke dalam rongga cetak, (9)menangani cacat coran dan penanggulangannya.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan Kepada Mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang ketika ada Pelajaran Pengecoran Logam sebaiknya melakukan kunjuan ke industri pengecoran logam untuk menambah Pengetahuan dan wawasan pengecoran logam.Kepada Dosen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang memperbaiki kinerja dan menambah wawasan mahasiswa sesuai dengan dunia kerja.Kepada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang sebaiknya menambah peralatan pengecoan yang sesuai dengan dunia kerja.Kepada Peneliti Selanjutnya sebaiknya meneliti lebih jauh dan mencari faktor-faktor dan sumber yang lebih mendalam dan detail yang berhubungan dengan pengecoran sebagai perluasan materi terhadap penelitian sebelumnya.