SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelacakan Minat Siswa SMK Kelas XII di Kota Malang dalam Bekerja, Berwirausaha dan Melanjutkan Studi

Riski Jesi

Abstrak


ABSTRAK

 

Jesi, Riski. 2017. Pelacakan Minat Siswa SMK Kelas XII di Kota Malang dalam Bekerja, Berwirausaha dan Melanjutkan Studi. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Yoto, S.T., M.Pd., M.M., (2) Drs. Sumarli, M.Pd., M.T.

 

Kata Kunci: minat, bekerja, berwirausaha, melanjutkan studi

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan merupakan jurusan yang paling banyak diminati siswa. Bekerja, Berwirausaha dan Melanjutkan studi adalah tujuan akhir setelah lulus, termasuk lulusan SMK dengan jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Oleh sebab itu, sebelum lulus siswa SMK harus memiliki minat dalam bekerja, berwirausaha dan melanjutkan studi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan secara menyeluruh hasil analisis data dan fakta-fakta yang diperoleh dari pengamatan mengenai: minat bekerja, minat berwirausaha, dan minat melanjutkan studi.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif karena hanya memaparkan data yang diambil menggunakan angka dan dianalisis secara statistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini jenis penelitian survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK kelas XII di kota malang yang mempunyai jurusan teknik kendaraan ringan dengan jumlah siswa 761, sementara sampel yang diambil sebanyak 88 siswa dari populasi tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 23 For Windows untuk mengetahui interval, frekuensi dan persentase minat siswa dalam bekerja, berwirausaha dan, melanjutkan studi.

Hasil Penelitian ini adalah: (1) 57 siswa (64.77%) memilih minat bekerja di industri dengan kategori Cukup Tinggi, (2) 34 siswa (38.63%) memilih minat bekerja di BUMN dengan kategori Tingi, (3) 48 siswa (54.54%) memilih minat bekerja di TNI/Polri dengan kategori Tinggi, (4) 41 siswa (46.59%) memilih minat bekerja di PNS dengan kategori Tinggi, (5) 52 siswa (59.09%) memilih minat berwirausaha dengan kategori Cukup Tinggi, (6) 41 siswa (46.59%) memilih minat melanjutkan studi dengan kategori Cukup Tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan analisis datanya, mulai dari terendah sampai tertinggi sebagai berikut: (1) 11 siswa (12.5%) memilih minat berwirausaha, (2) 14 siswa (16.5%) memilih minat melanjutkan studi, (3) 63 siswa (71%) memilih minat bekerja.

Saran peneliti bagi siswa agar dapat menjadi rujukan untuk menigkatkan pengetahuan tentang lapangan pekerjaan, berwirausaha dan melanjutkan studi. Bagi guru supaya meningkatakan pembelajaran agar siswa mendapat ilmu pengetahuan dan keterampilan yang baik. Bagi kepala sekolah sebagai rujukan untuk mengambil kebijakan dan memperhatikan dalam penerimaan siswa baru dan penerimaan lususan di dunia pekerjaan.