SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Program Manajemen Bengkel Berbasis Information Technogy (IT) pada Bengkel Pemesinan SMK Negeri 3 Boyolangu

Vaisol Safrianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Safrianto, Vaisol. 2017. Pengembangan Program Manajemen Bengkel Berbasis Information Technogy (IT) pada Bengkel Pemesinan SMK Negeri 3 Boyolangu. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Widiyanti, M.Pd., (II) Drs. Djoni Bangun, M.Pd.

 

Kata Kunci: Sistem Aplikasi, Manajemen Inventarisasi Bengkel Pemesinan

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk program manajemen berbasis information technology (IT) pada bengkel praktikum pemesinan di SMK Negeri 3 Boyolangu, dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas maupun tingkat kelayakan produk dari program manajemen berbasis information technology (IT) pada bengkel praktikum pemesinan di SMK Negeri 3 Boyolangu.

Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan produk diadaptasi dari model pengembangan waterfall dengan empat tahapan yang diantaranya adalah : analisis (analysis), perancangan (design), pengkodean (coding), dan yang terakhir adalah pengujian (testing). Untuk model pengujian atau langkah-langkah dilakukannya penelitian terhadap produk program manajemen berbasis information technology (IT) pada bengkel praktikum pemesinan di SMK Negeri 3 Boyolangu diadaptasi dari model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu : analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan yang terakhir dilakukannya evaluasi (evaluation). Instrumen penilaian yang digunakan adalah berupa angket, sebelumnya angket dan software dilakukan uji validitas dan kelayakan yang dilakukan oleh dosen ahli media dan dosen ahli materi, selanjutnya software yang sudah melewati tahap validasi dan memperoleh beberapa masukan dari dosen ahli dilakukan tahap uji coba ke bengkel praktikum pemesinan di SMK Negeri 3 Boyolangu. Dari hasil instrumen penilaian dilakukan analisis data dengan cara deskriptif dengan menghitung persentase jawaban yang selanjutnya disajikan dalam bentuk frekuensi kategori, dan diagram.

Hasil penelitian ini berupa software produk dari program manajemen berbasis information technology (IT) pada bengkel praktikum pemesinan yang memiliki validitas ditinjau dari : (1) media yang mencangkup aspek kemanfaatan, tampilan, pemrograman, dan aspek konsistensi, dengan memperoleh skor sebesar 88,7% termasuk dalam kategori Valid/Layak; (2) materi yang meliputi aspek sistem informasi manajemen dan aspek manajemen inventori, dengan memperoleh skor sebesar 90,5% termasuk dalam kategori Valid/Layak; (3) kualitas produk oleh pengguna ditinjau dari aspek media dan materi, dengan memperoleh skor sebesar 93,3% termasuk dalam kategori Layak untuk digunakan pada bengkel praktikum pemesinan di SMK Negeri 3 Boyolangu.