SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Emisi Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik Motor Bensin 4 Tak Satu Silinder dengan Campuran Bahan Bakar Metanol

Yudha Eka Prasetya

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetya,Yudha Eka. 2016. Emisi Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik Motor Bensin 4 Tak Satu Silinder dengan Campuran Bahan Bakar Metanol. Skripsi, JurusanTeknikMesin, FakultasTeknik, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing:(I) Dr. Sukarni, S.T., M.T., (II) Dra. Widiyanti, M.Pd.

 

Kata kunci :emisi gas buang, konsumsi bahan bakar spesifik, metanol, putaran, mesin

Metanol merupakan salah satu bahan bakar alternatif dengan karakteristik fisika dan pembakaran yang hampir sama dengan bensin. Bahan bakar metanol dapat diperbarui dan dapat dihasilkan dari pemanfaatan dari tumbuhan seperti kayu, jerami, umbi-umbian, dan sampah dimana semua itu ketersediaanya melimpah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar spesifik motor bensin 4 tak satu silinder dengan campuran bahan bakar metanol dengan melakukan studi literatur dari beberapa penelitian. Hasil penelitian terdahulu dari beberapa bahan bakar alternatif seperti etanol dan iso-propanol menunjukan bahwa penggunaan bahan bakar alternatif dari turunan alkohol tersebut dapat mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), efisiensi konsumsi bahan bakar dan daya yang meningkat ketika menggunakan premium.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa pengaruh campuran bahan bakar premium-metanol dengan variasi komposisi, yaitu premium 95% dengan metanol 5%, premium 90% dengan metanol 10%, premium 85% dengan metanol 15% dan premium 80% dengan metanol 20% terhadap emisi gas buang dan  konsumsi bahan bakar spesifik pada putaran mesin 1,500 Rpm, 3,000 Rpm, 4,500 Rpm, dan 6,000 Rpm.

Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat antara variabel bebas, variabel terikat dan variabel kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bahan bakar dengan campuran metanol. Variabel terikat adalah emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar spesifik. Sedangkan variabel kontrol adalah putaran mesin. Penelitian ini dilakukan di Asia Motor Honda Pakisaji-Malang. Analisis data yang didapat dari penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan metode analisis One Way Anova.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metanol yang dicampurkan ke dalam bahan bakar premium dapat mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) serta dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar spesifik pada campuran bahan bakar premium 80% dengan metanol 20%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan pengembangan penggunaan bahan bakar alternatif dari turunan alkohol yaitu metanol yang dapat digunakan untuk mengurangi ketergantungan pemakaian bahan bakar fosil terutama bahan bakar minyak bumi yang semakin menipis persediaanya.